JANGAN MENOLAK TEGURAN DAN PERINGATAN TUHAN

0
353

Yeremia 21-22

 

 

Yeremia 22:1-3 (1) Beginilah firman TUHAN: “Pergilah ke istana raja Yehuda dan sampaikanlah di sana firman ini! (2) Katakanlah: Dengarlah firman TUHAN, hai raja Yehuda yang duduk di atas takhta Daud, engkau, pegawai-pegawaimu dan rakyatmu yang masuk melalui pintu-pintu gerbang ini! (3) Beginilah firman TUHAN: Lakukanlah keadilan dan kebenaran, lepaskanlah dari tangan pemerasnya orang yang dirampas haknya, janganlah engkau menindas dan janganlah engkau memperlakukan orang asing, yatim dan janda dengan keras, dan janganlah engkau menumpahkan darah orang yang tak bersalah di tempat ini!

 

Melalui firman Tuhan yang disampaikan oleh nabi Yeremia ini, Tuhan sedang menegur dan memperingatkan bangsa Israel supaya bangsa Israel melakukan keadilan dan kebenaran, oleh karena itu Tuhan mengutus nabi Yeremia untuk pergi ke istana raja Yehuda supaya menyampaikan firman Tuhan ini kepada raja Yehuda, kepada pegawai pegawai istana raja dan juga kepada rakyatnya, supaya mereka bertobat, berbalik kepada Tuhan, berubah dan supaya mereka meninggalkan semua kehidupan mereka yang tidak benar dan yang bertentangan dengan kehendak Tuhan, yaitu :

 

“Lakukanlah keadilan dan kebenaran, lepaskanlah dari tangan pemerasnya orang yang dirampas haknya, janganlah engkau menindas dan janganlah engkau memperlakukan orang asing, yatim dan janda dengan keras, dan janganlah engkau menumpahkan darah orang yang tak bersalah di tempat ini !”

 

Sebab Tuhan berjanji apabila bangsa Israel sungguh sungguh mau melakukan semuanya ini, maka Tuhan akan memunculkan, mengangkat dan mendudukkan orang orang benar yang akan duduk ditakhta Daud dan Tuhan akan memberkati Kerajaan Israel sampai pegawai pegawainya dan juga rakyatnya.

 

Yeremia 22:4 (4) Sebab jika kamu sungguh-sungguh melakukan semuanya itu, maka melalui pintu-pintu gerbang istana ini akan berarak masuk raja-raja yang akan duduk di atas takhta Daud dengan mengendarai kereta dan kuda: mereka itu, pegawai-pegawainya dan rakyatnya.

Baca juga  BERIMAN SEPENUHNYA KEPADA ALLAH

 

Tetapi berlaku juga sebaliknya, melalui Firman Tuhan yang disampaikan oleh nabi Yeremia, Tuhan juga memperingatkan bangsa Israel apabila mereka menolak semua teguran dan peringatan Tuhan ini, maka ada konsekuensi yang akan datang, yang akan diterima dan yang akan terjadi kepada bangsa Israel, bahwa :

 

• TUHAN BERSUMPAH BAHWA ISTANA DAN KEMEGAHAN KERAJAAN ISRAEL AKAN MENJADI RERUNTUHAN !

 

Yeremia 22:5 (5) Tetapi jika kamu tidak mendengarkan perkataan-perkataan ini, maka Aku sudah bersumpah demi diri-Ku, demikianlah firman TUHAN, bahwa istana ini akan menjadi reruntuhan.

 

• TUHAN AKAN MEMBUAT KELUARGA RAJA YEHUDA AKAN MENJADI PADANG GURUN DAN MENJADI SEPERTI KOTA YANG TIDAK DIDIAMI ORANG !

 

Yeremia 22:6 (6) Sebab beginilah firman TUHAN mengenai keluarga raja Yehuda: Engkau seperti Gilead bagi-Ku, seperti puncak gunung Libanon! Namun pastilah Aku akan membuat engkau menjadi padang gurun, menjadi kota yang tidak didiami orang.

 

TUHAN AKAN MENETAPKAN PEMUSNAH PEMUSNAH TERHADAP BANGSA ISRAEL!

 

Yeremia 22:7 (7) Aku akan menetapkan pemusnah-pemusnah terhadap engkau, masing-masing dengan senjatanya; mereka akan menebang pohon aras pilihanmu dan mencampakkannya ke dalam api.

 

• TUHAN AKAN MEMBUAT BANGSA ISRAEL MENJADI SUATU PERINGATAN YANG AKAN DILIHAT OLEH BANGSA BANGSA, KARENA BANGSA ISRAEL MELUPAKAN PERJANJIAN TUHAN DAN MENYEMBAH BERHALA !

 

Yeremia 22:8 (8) Dan apabila banyak bangsa melewati kota ini, maka mereka akan berkata seorang kepada yang lain: Mengapakah TUHAN melakukan seperti itu kepada kota yang besar ini? (9) Orang akan menjawab: Oleh karena mereka telah melupakan perjanjian TUHAN, Allah mereka, dan telah sujud menyembah kepada allah lain dan beribadah kepadanya.”

 

Baca juga  Kembali kepada Bapa, Masuk dalam Pesta Sorgawi

Apa yang terjadi atas bangsa Israel ini menjadi PELAJARAN dan PERINGATAN bagi kita sebagai Umat Tuhan, supaya kita MENGERTI dan kita juga MENYADARI bahwa :

 

• ADA KONSEKUENSI apabila kita MENOLAK teguran dan peringatan Tuhan.

 

• MENUNDA untuk bertobat dan berbalik kepada Tuhan adalah SAMA DENGAN MENOLAK teguran dan peringatan Tuhan.

 

Deklarasi Firman Tuhan :

Puji Tuhan ! Oleh anugerah Tuhan kami dimampukan untuk rendah hati dan mau menerima setiap teguran dan peringatan Tuhan ! Oleh anugerah Tuhan kami dimampukan untuk melakukan keadilan dan kebenaran, untuk tidak memeras dan merampas hak orang lain, untuk tidak menindas orang lain, untuk tidak memperlakukan orang yang lemah, yang miskin, yang yatim dan yang janda dengan keras dan untuk tidak menumpahkan darah orang yang tak bersalah ! Kami bersyukur dan berterima kasih untuk setiap teguran dan peringatan Tuhan, sebab semua teguran dan peringatan Tuhan adalah untuk mendatangkan kebaikan bagi kami dan menjadikan kami memiliki hidup yang mulia ! Grace 3x !

 

Kita harus menyadari dan mengerti, bahwa ada konsekwensi apabila kita menolak teguran dan peringatan Tuhan, oleh karena itu, janganlah kita menolak teguran dan peringatan Tuhan, sebab setiap teguran dan peringatan Tuhan adalah baik untuk setiap kita yang dikasihi Nya ! Have a blessed day ! Gbu. AM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here