KOMITMEN UNTUK MELAYANI

0
156

Rut 1:1-18

Ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, … bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku Rut 1:16

Perkataan Rut yang terkenal itu kerap kita dengar pada upacara- upacara pernikahan di Barat. Padahal sebenarnya perkataan ini diucapkan oleh seorang janda muda yang berduka kepada ibu mertuanya, Naomi.

Rut berkata, “Ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku” Rut 1:16. Rut tidak memiliki ikatan budaya maupun ikatan hukum dengan Naomi, yang juga seorang janda yang hidup sendirian. Tidak akan ada seorang pun yang akan menyalahkan Rut bila ia memilih untuk tetap tinggal bersama kaumnya di Moab, di mana kemungkinan untuk menikah lagi lebih besar.

Bahkan Naomi juga mendesak Rut untuk tetap tinggal di Moab. Namun, Rut telah berketetapan untuk pergi bersama mertuanya ke Yudea dan menjadi pengikut Allah Naomi. Pengabdian Rut yang tidak mementingkan diri sendiri ini layak mendapat pujian. Boas, calon suami Rut, berkata kepadanya, “Telah dikabarkan orang kepadaku dengan lengkap segala sesuatu yang engkau lakukan kepada mertuamu sesudah suamimu mati …. Tuhan kiranya membalas perbuatanmu itu” (2:11,12).

Janji-janji yang diucapkan saat menikah begitu penuh harapan dan makna. Namun, perkataan Rut bertahan sampai berabad-abad karena komitmennya yang teguh kepada Allah dan orang yang membutuhkan. Rut menunjukkan kepada kita nilai pengorbanan kasih bagi Tuhan, dan bahwa berkat-Nya yang melimpah akan tercurah bagi setiap orang yang mau memberi diri dengan sukarela bagi orang lain — *David McCasland*

*HIDUP YANG UTUH ADALAH HIDUP YANG DIPENUHI KASIH KEPADA TUHAN DAN SESAMA*

Baca juga  HIDUP BERIMAN DAN BERHIKMAT

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here