TAHUN PENEBUSAN DAN PEMBEBASAN

0
144

Oleh: Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak

 

*_(Imamat 25:19)_*

*_Tanah itu akan memberi hasilnya, dan kamu akan makan sampai kenyang dan diam di sana dengan aman tenteram._*

Kitab Imamat termasuk pasal 25 secara singkat menceritakan dan menggambarkan pemahaman tentang Tahun Yobel, yaitu tahun Sabat yang ketujuh. Juga menceritakan dan memaparkan apa saja sebenarnya yang harus dilakukan oleh orang Israel dalam Tahun Yobel itu.

Perintah Allah dan hukum yang terdapat pada bagian ini merupakan pengulangan atas peraturan tentang tahun Sabat (1-7). Pada pasal 25 ini dijelaskan tentang kapan waktu dimulainya Tahun Yobel itu.

Pada hari Pendamian, atau pada Tahun Baru, maka dimulailah juga masa tahun Yobel. Semua orang pasti ingin bebas dari berbagai himpitan kesulitan, termasuk utang piutang.

Di depan ayat Renungan Hari ini, telah dijelaskan secara terbuka tentang proses jual beli, tentang penghapusan dosa, dan pengembalian tanah kepada keluarga pemilik asli dari tanah yang sedang dikerjakan. Manusia boleh memiliki tanah seluas mungkin, namun Ingat pemilik tanah yang sesungguhnya dari semua tanah yang ada itu adalah Allah.

Jika ada orang yang terpaksa harus menjual tanahnya karena faktor kemiskinan, maka Tanah itu harus segera dikembalikan. Karena Allahlah pemilik yang sebenarnya dan mempercayakan tanah tersebut pada keluarga-keluarga dan bukan secara pribadi.

Pelaksanaan dan perayaan Tahun Yobel tentu memiliki pengaruh yang besar bagi Israel yang melaksanakan perayaan Tahun Yobel itu. Jika tanah itu sungguh dikembalikan kepada pemilik aslinya, maka Allah akan menyediakan bagi mereka makanan yang berkelimpahan.

Itulah yang dikatakan dalam ayat Hari ini, tanah itu akan memberi hasilnya dan kamu akan makan sampai kenyang dan diam di sana dengan aman tenteram. Jadi bangsa Israel tidak perlu khawatir dan takut karena bangsa itu pasti dapat hidup dengan aman dan tenteram.

Baca juga  PUNYA IMAN DAN KERENDAHAN HATI

Dengan aman dan tenteram merupakan ajakan Allah bagi bangsa Israel selama tahun Yobel, untuk itu mereka diminta jangan takut dengan hal makanan karena Allah pasti akan menyediakannya dan mereka akan hidup dengan aman dan tenteram. Semua itu pasti akan diperoleh oleh bangsa Israel, asalkan mereka taat pada semua perintah Allah.

Tidak hanya makanan yang didapatkan, tetapi juga tempat tinggal mereka akan aman dan tenteram. Tanah merekapun akan menghasilkan buah yang lebat dan berkelimpahan.

Jadilah orang yang memiliki hati untuk selalu membebaskan orang lain dari berbagai kesulitan dan penderitaan. Jadilah orang yang mau mengembalikan hak-hak orang lain yang dirampas.

Ketahuilah jika kita selalu taat akan perintah Allah, maka Ia akan memberikan apa yang kita butuhkan, sehingga Kemahakuasaan Allah semakin nyata dalam hidup kita. Bukankah Yesus juga berkata marilah datang kepadaKu hai engkau yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberikan kelegaan kepadamu, amen.

*DOA:*

*_Ya Allah, aku ingin menjadi orang yang taat kepadaMu dan menjadi orang yang suka membebaskan orang-orang yang tertindas dan teraniaya, amen._*

*SELAMAT PAGI*
*DAN*
*SELAMAT BERAKTIFITAS*

*_(Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak-Pdt Fungsional di Ktr HKBP Distrik VIII DKI Jkt)._*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here