JADILAH PENURUT BUKAN PEMBERONTAK

0
332

Oleh: Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak

 

*_(Yesaya 1:19)_*

*_Jika kamu menurut dan mau mendengar, maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu._*

Kasih Allah sesungguhnya terus dinyatakan bagi bangsa Israel hingga mereka selalu dituntun untuk melakukan sesuatu yang baik dan dilarang melakukan hal yang jahat. Peringatan yang disampaikan oleh Allah lewat nabi Yesaya ini, bukan karena Allah tidak mengasihi bangsa itu, melainkan karena dosa bangsa Israel saat itu sudah hampir disamakan dengan dosa Sodom dan Gomora.

Kehadiran bangsa itu datang kepada Allah itu boleh hanya karena rutinitas saja, tetapi harus dengan penuh penyesalan dan pertobatan. Namun demikian bangsa Israel seakan tidak mau tahu dengan perbuatan dosa mereka, yang penting mereka menghadap Allah dianggap selesai dan aman.

Allah hanya berharap agar bangsa Israel bertobat dari segala kejahatan yang dilakukan bukan dengan mempersembahkan apa yang dimiliki yang menjadi jalan keselamatan.
Walaupun orang Israel harus dihukum oleh Allah, namun Yesaya juga menjelaskan bahwa hukuman itu dapat dihindari melalui jika umat Allah mau melakukan pertobatan serta sungguh-sungguh hanya percaya kepada Allah.

Sebagai orang percaya biar bagaimanapun ketaatan itu adalah sebuah prinsip yang utama dan harus kita tunjukkan dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin kita sering berkata kepada Allah dalam doa-doa kita bahwa kita mau melakukan apa yang menjadi kehendakNya.

Namun faktanya sering berbanding terbalik dari apa yang kita katakan. Justru yang terjadi banyak yang kita lakukan bukanlah menurut kehendakNya melainkan menurut kehendak kita sendiri.

Kata taat sering membuat kita bosan untuk mendengarnya karena kita merasa sudah taat. Padahal jika kita sungguh-sungguh taat kepada Allah, maka Allah akan memberikan upah bagi anak-anakNya yang mau hidup taat.

Jika kamu menurut dan mau mendengar, maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu (19). Tetapi ingat dan ketahuilah bahwa sebaliknya, jika kamu melawan dan memberontak, maka kamu akan dimakan oleh pedang (20).

Dalam hal ketaatan ini Allah sangat tegas, dan saat ini Ia memberikan pilihan kepada kita: mau menjadi orang yang suka kepada pemberontakan dan membawa kepada kehancuran? atau mau menjadi orang yang suka melakukan ketaatan dan membawa kepada hidup yang diberkati?

Pemberontakan adalah kematian dan ketaatan adalah kehidupan, amen.

*DOA:*

*_Ya Allah, ampunkanlah dosa-dosa pemberontakanku, dan ajarilah serta tuntunlah aku untuk menjadi anakMu yang selalu taat kepada perintahMu, amen._*

*SELAMAT PAGI*
*DAN*
*SELAMAT BERAKTIFITAS*

*_(Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak-Pdt Fungsional di Ktr HKBP Distrik VIII DKI Jkt)._*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here