BERTEKUNLAH MENGASIHI TUHAN

0
847

Oleh: Christian T

*Renungan BGA ( Baca Gali Alkitab )*

*Yosua 23:1-16*

_*Maka demi nyawamu, bertekunlah mengasihi TUHAN, Allahmu ( 11 )*_

*Shalom, sahabat-sahabatku pembaca setia BGA yang dikasihi Tuhan Yesus,* lama setelah TUHAN mengaruniakan keamanan kepada orang Israel ke segala penjuru terhadap para musuhnya dan Yosua telah lanjut usianya, maka berkatalah Yosua kepada mereka sebelum ajal menjemputnya untuk mengingatkan bahwa betapa baiknya TUHAN, yang telah memimpin dan berperang memasuki dan mendiami Tanah Perjanjian, Kanaan yang telah dijanjikanNya kepada Abraham dan Musa telah bagikan tanah tersebut dengan melakukan undian sesuai perintah Musa kepadanya ( 1-5 ).

*Para sahabat-ku yang terkasih dalam Yesus,* inilah legacy yang ditinggalkan oleh Yosua, yakni iman, ketaatan, dan kesetiaannya kepada Tuhan dan firman-Nya, dan juga dalam melanjutkan visi dan misi Allah kepada Musa, tuannya. Yosua berpesan kepada mereka agar terus mengingat akan penyertaan TUHAN dan yang telah memihak kepada mereka dengan memberikan. kemenangan dan keamanan. Oleh sebab itu Yosua memerintahkan agar mereka tetap tekun mengasihi TUHAN demi nyawa mereka ( 6-11 ). Namun sebaliknya jikalau mereka berbalik dari TUHAN dengan menyembah allah-allah bangsa sekitarnya yang masih sisa yang diakibatkan oleh pergaulan dan kawin campur dengan mereka, maka mereka akan mengalami kekalahan dan kebinasaan di tanah yang telah diberikan TUHAN itu ( 12-13 ) . Yosua mengingatkan dengan tegas kepada mereka bahwa apabila mereka mengingkari perjanjian dengan dengan menyembah Allah lain, selain TUHAN, mereka akan mengalami kecelakaan dan kebinasaan di tanah yang baik ini ( 14-16 )

*Sobat yang terkasih,* mungkin saat ini kita tidak menyembah Allah lain berbentuk patung, namun disadari atau tidak apabila kita lebih mengutamakan sesuatu yang lain selain TUHAN, seperti;; diri, keluarga, kekuasaan, kehormatan, popularitas, kekayaan, pekerjaan atau pelayanan yang semuanya ini sama dengan berhala, maka TUHAN akan murka. Bukan berkat yang kita terima, melainkan malapetaka dan kematian di tengah-tengah tanah yang baik ini, yakni di tengah -tengah kesuksesan dan kemakmuran. Benar pepatah yang mengatakan: “tikus mati di lumbung padi”.

Baca juga  TINGGAL DALAM KRISTUS

*Sobat,* marilah kita bertekun mengasihi TUHAN sampai ajal menjemput atau sampai TUHAN datang kedua kali di awan-awan menjemput kita kelak !

_*1 Timotius 4:13 (TB)*_
_*Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci, dalam membangun dan dalam mengajar.*_

_*Wahyu 2:25-29 (TB)*_
_*25 Tetapi apa yang ada padamu, peganglah itu sampai Aku datang.*_
*_26 Dan barangsiapa menang dan melakukan pekerjaan-Ku sampai kesudahannya, kepadanya akan Kukaruniakan kuasa atas bangsa-bangsa;*_
_*27 dan ia akan memerintah mereka dengan tongkat besi; mereka akan diremukkan seperti tembikar tukang periuk — sama seperti yang Kuterima dari Bapa-Ku —*_
_*28 dan kepadanya akan Kukaruniakan bintang timur.*_
_*29 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat.”*_

Tuhan Yesus memberkati.

Salam dan doa
Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here