Kasih

0
101

Oleh: Stefanus Wiji Suratno

1 Korintus 13:13 (TB) Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

Kasih merupakan kata yang pendek dan sederhana namun memiliki arti yang dalam dan tajam pengertiannya serta tak mudah melakukannya.

Tuhan Yesus datang ke dunia ini karena kasih supaya umat manusia bisa selamat dari tiga musuh utamanya yaitu dosa, iblis dan maut. Ketiga musuh ini telah dikalahkan Tuhan Yesus melalui kematianNya dikayu salib sehingga dengan kebangkitanNya semua musuhNya itu tidak menguasai manusia lagi. ( Yohanes 3 : 16: ibrani 2 : 14 ; I Korintus 15 : 25-26 ).

Jadi Tuhan Yesus datang kedunia ini selalu melakukan kasih maka kita sebagai umatNya wajib mencontoh Tuhan Yesus telah mengorbankan segalanya untuk melakukan kasih terhadap umat manusia. ( Filipi 2 : 1-11 ). Lakukan kasih terhadap semua orang khususnya pada keluarga kita dahulu baru kepada orang lain. Jangan sampai kita mengatakan kasih ke banyak orang tetapi dengan keluarga sendiri malah dilupakan. ( Kolose 2 : 7; 3 : 18-23 ).

Hubungan keluarga harus semakin hangat. Ada kata-kata indah di masyarakat yaitu kopi boleh panas dan pahit tetapi yang penting kasih terhadap keluarga dan pertemanan tetap jadi hangat hubungannya.

Marilah kita sebagai anak Tuhan tetap melaksanakan kasih seperti yang Tuhan Yesus dan Rasul Paulus selalu melakukan kasih. Orang yang sakit didoakan menjadi sembuh dan semua orang yang datang kepada Tuhan Yesus akan diberikan kelegaan dan sukacita yang penuh ( Matius 11 : 28 – 30 ).

Kesimpulan dan Doa :
Sekalipun kita bisa melakukan segala perkara yang besar tetapi kalau kita tidak melaksanakan kasih maka semuanya akan menjadi sia-sia.

Baca juga  LAKUKANLAH HAL YANG KUDUS

Salam kasih
Stefanus Wiji Suratno
Dosen Program Doktor Ilmu Manajemen
Universitas Persada Indonesia YAI dan Universitas Katolik Parahiyangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here