SERAHKANLAH DIRIMU KEPADA ALLAH

0
230

Oleh: Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak

 

*_(Roma 6:13b)_*

*_Tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran._*

Paulus mengingatkan jemaat di Roma untuk tidak hidup di dalam dosa, karena manusia telah mati bagi dosa. Bagaimanakah kita masih bisa hidup di dalam dosa atau bertekun di dalamnya?

Semua itu akan sia-sia karena hidup di dalam dosa itu sama artinya hidup tetapi mengarah kepada kematian. Sudah saatnya jemaat di Roma akan kembali agar mereka hidup bagi Allah di dalam Kristus Yesus.

Yesus telah mati dan telah mematikan kematian itu, untuk itu bersandarlah kepada Yesus yang telah memberikan keselamatan bagi manusia. Semua orang yang percaya kepada Yesus dan telah dibaptis dalam Yesus Kristus, telah dibaptis dalam kematianNya.

Semua orang yang percaya kepada Yesus maka ia akan sama seperti Yesus dikuburkan karena kematian. Tidak hanya sampai di situ ia juga akan dibangkitkan dari antara orang mati sebagaimana Yesus juga telah bangkit (bd.4).

Untuk itu jadilah murid Yesus Kristus yang sejati, dengan mau melatih diri dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan hidup yang baik. Berbuat baik yaitu melakukan hal yang benar, baik perkataan maupun perbuatan. Itu harus kita lakukan setiap hari di dalam di dalam Nama Yesus Kristus kita.

Di dalam Yesus Kristus sesungguhnya kita telah menjadi ciptaan baru, dan yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. Jika demikian kita harus berjanji dan berkomitmen untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasaan hidup lama yang tidak sesuai dengan firman Allah.

Mari serahkanlah dirimu kepada Allah, sebagai orang-orang yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Untuk itu ayuk latihlah dirimu membentuk kebiasaan hidup yang baru, yaitu dengan meminggalkan dosa.

Serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran. Baiklah seluruh anggota tubuhmu saling mendukung satu dengan yang lain untuk melakukan hal yang benar di hadapan Allah.

Biasakanlah mulai dari sekarang untuk melakukan hal yang baik sebagai pertanda bahwa kita tidak lagi hidup di dalam dosa. Jika sesuatu kita lakukan secara rutin dan berulang-ulang, pasti itu akan menjadi kebiasaan kita.

Nah apa yang kita lakukan sebagai kebiasaan itu, maka itulah yang kemudian membentuk karakter kita. Jika itu terjadi maka sesungguhnya kita telah menanggalkan manusia lama berikut dengan perbuatan jahatnya. Artinya kita harus mau mengenakan manusia baru yang hidup tidak lagi dikuasai oleh dosa.

*DOA:*

*_Ya Allah, jadikanlah aku sebagai orang percaya yang mau menanggalkan manusia lama dan menjadikan hidup baru yang selalu menyerahkan diriku kepadaMu, amen_*

*SELAMAT PAGI*
*DAN*
*SELAMAT BERAKTIFITAS*

*_(Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak-Ktr HKBP Distrik VIII DKI Jkt)_*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here