Untuk Hidup Bebas dari Rasa Takut, Serahkanlah kepada Tuhan

0
397

Oleh: Rick Warren

 

Bacaan Hari ini:
Ayub 11: 13-18 “Jikalau engkau ini menyediakan hatimu, dan menadahkan tanganmu kepada-Nya; jikalau engkau menjauhkan kejahatan dalam tanganmu, dan tidak membiarkan kecurangan ada dalam kemahmu, maka sesungguhnya, engkau dapat mengangkat mukamu tanpa cela, dan engkau akan berdiri teguh dan tidak akan takut, bahkan engkau akan melupakan kesusahanmu, hanya teringat kepadanya seperti kepada air yang telah mengalir lalu. Kehidupanmu akan menjadi lebih cemerlang dari pada siang hari, kegelapan akan menjadi terang seperti pagi hari. Engkau akan merasa aman, sebab ada harapan, dan sesudah memeriksa kiri kanan, engkau akan pergi tidur dengan tenteram;”

Alkitab mengatakan dalam 1 Yohanes 4:18, “Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.”

Bagaimana caranya belajar untuk menjalani hidup di dalam kasih Tuhan supaya Anda bisa hidup bebas dari rasa takut?

Serahkan hati Anda kepada Tuhan setiap hari. Ketika Anda bangun setiap pagi, sebelum kaki Anda menyentuh lantai, katakan, “Ya Tuhan, sebelum aku memulai hari ini, aku ingin menyerahkan perasaanku kepada-Mu. Aku ingin Engkau menjadi Tuhan atas perasaanku. Aku ingin Engkau berkuasa atas pikiran dan emosiku. Aku menyerahkan hatiku kepada-Mu. Penuhiku dengan kasih-Mu.”

Ayub 11: 13-18 mengatakan, “Jikalau engkau ini menyediakan hatimu, dan menadahkan tanganmu kepada-Nya; jikalau engkau menjauhkan kejahatan dalam tanganmu, dan tidak membiarkan kecurangan ada dalam kemahmu, maka sesungguhnya, engkau dapat mengangkat mukamu tanpa cela, dan engkau akan berdiri teguh dan tidak akan takut, bahkan engkau akan melupakan kesusahanmu, hanya teringat kepadanya seperti kepada air yang telah mengalir lalu. Kehidupanmu akan menjadi lebih cemerlang dari pada siang hari, kegelapan akan menjadi terang seperti pagi hari. Engkau akan merasa aman, sebab ada harapan, dan sesudah memeriksa kiri kanan, engkau akan pergi tidur dengan tenteram;”

Baca juga  IBADAH YANG SEJATI

Kita melihat tiga perintah dan delapan janji di dalam ayat ini. Tuhan berkata jika Anda melakukan ini, maka Dia akan melakukan itu. Setiap janji ada premisnya.

Pertama, Dia memberi Anda perintah ini: Serahkan hatimu kepada Tuhan setiap hari. Berpalinglah kepada-Nya di dalam doa. Dan serahkan dosa-dosamu atau akui dosa-dosamu kepada Tuhan.

Lihatlah kedelapan manfaatnya: Anda tidak akan dipermalukan, Anda akan percaya diri, Anda tidak akan takut, masalah Anda akan berlalu, malam-malam gelap yang sedang Anda alami akan jadi lebih cerah dibanding siang hari, Anda akan tidur nyenyak sebab Anda aman dan nyaman, Anda akan dipenuhi dengan pengharapan, dan Anda akan dimerdekakan dari kekhawatiran.

Wow! Siapa yang tidak ingin merasakan manfaat itu? Anda harus menuliskan kedelapan keuntungan tadi di kartu kecil dan tempel di satu tempat yang bisa Anda lihat sepanjang minggu. Biarkan itu mengingatkan Anda untuk melakukan tiga hal itu — serahkan hati Anda kepada Tuhan, berpalinglah kepada-Nya dalam doa, dan akui dosa-dosa Anda — agar kasih Tuhan akan mengisi hidup Anda dan menghempaskan semua kecemasan dan ketakutan Anda.

Cobalah itu di minggu ini, kemudian lihat bagaimana Tuhan memenuhi janji-Nya saat Dia memenuhi Anda dengan kasih-Nya.

Renungkan hal ini:
– Bagaimana kesombongan mencegah Anda untuk menyerahkan bagian tertentu dari hidup Anda kepada Allah?
– Ketakutan-ketakutan apa yang harus Anda usir dengan kasih Allah?
– Menurut Anda mengapa Allah ingin Anda berusaha sebelum Dia memenuhi janji-Nya?

Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 4-6; Matius 14:22-36

Mati – hidup Anda sepenuhnya ada di tangan Tuhan, jadi apa lagi yang Anda takutkan?

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren. Rick Warren adalah salah seorang Pendeta Protestan paling berpengaruh di AS)

Baca juga  LAKUKANLAH HAL YANG KUDUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here