DIDIDIK UNTUK MANDIRI

0
254

*BACAAN ALKITAB HARI INI*
Ibrani 12:5-10

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*
Bilangan 4

*AYAT HAFALAN*
Ibrani 12:7, Jika kamu harus menanggung ganjaran; Allah memperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh ayahnya?

*RENUNGAN INSPIRASI*
Ada banyak orang yang berpandangan bahwa anak-anak orang kaya akan tumbuh menjadi anak yang manja, tetapi hal itu tidak selalu benar. Mark Cuban, pemilik klub bola basket NBA Dallas Mavericks mengatakan bahwa dia selalu melatih anaknya untuk mandiri dan tidak mengandalkan kemewahan yang sebenarnya bisa mereka dapatkan dengan mudah. “Saya bukan tipe ayah yang akan membawa ribuan hadiah untuk anak-anak saat pulang ke rumah. Saya adalah ayah yang akan sibuk menyuruh anak saya merapikan ini dan itu serta memintanya melakukan apa-apa sendiri” ujarnya. Mark Cuban hanyalah salah satu dari antara banyak miliarder yang mendidik anak-anaknya agar mandiri, kuat serta mengerti tentang kerasnya perjuangan hidup.

Kita adalah anak Tuhan, anak dari sang empunya alam semesta yang jelas lebih kaya dan berkuasa daripada miliarder manapun. Sebagai anak-anak Tuhan, kita pun dididik dengan sangat disiplin oleh Tuhan. Tuhan menghendaki kita menjadi anak-anak yang tangguh dan kuat, bukan untuk menjadi anak-anak yang lemah dan gampang jatuh dalam dosa.

Bukan hal yang sulit bagi Tuhan untuk memberkati dan memperkaya kita secara instan, namun Tuhan tidak melakukan hal itu pada anak-anak-Nya. Tuhan ingin mendidik kita menjadi anak yang mandiri, kuat dan rajin.

*Tantangan dunia ini begitu berat, kerasnya kehidupan dapat menghancurkan iman seseorang, dan menenggelamkannya dalam dosa.* Oleh karena itu, *kita harus bersyukur karena Tuhan mendidik kita sehingga kita tumbuh menjadi pribadi yang rajin, mandiri dan kuat sehingga kita dapat menghadapi kerasnya kehidupan di dunia ini.* (EK)

Baca juga  PERDULI AKAN KEBUTUHAN ORANG LAIN

*REFLEKSI DIRI*
1. Apakah Anda bangga menjadi anak Bapa yang dididik dengan disiplin?
2. Didikan-didikan apa saja yang telah Anda terima dari Bapa? Apakah Anda menerimanya dengan sukacita?

*POKOK DOA*
Bapa di sorga, terima kasih untuk didikan-Mu untuk membentukku menjadi pribadi yang mandiri. Kiranya Roh Kudus-Mu menolongku untuk belajar menerima apa yang Engkau ajarkan dengan lapang dada. Dalam nama Tuhan Yesus, Amin.

*YANG HARUS DILAKUKAN*
*Bukalah hati dan kehidupan Anda untuk menerima didikan dan disiplin dari Tuhan, serta jangan hindari ajaran-Nya.*

*HIKMAT HARI INI*
*Tuhan tidak akan membiarkan anak-anak-Nya bermental manja, Ia akan melatih mereka hingga tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan kuat.

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here