Allah Mengasihi Orang Yang Rendah Hati.

0
52

Oleh: Stefanus Wiji Suratno

 

Yakobus 4:6-7 (TB) Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”

Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!

Tuhan selalu mengajar manusia untuk hidup taat karena manusia sebagai ciptaanNya wajib untuk taat. Dari awal ciptaanNya manusia diberi kebebasan untuk menikmati segala ciptaanNya. ( Kejadian 1 : 28-29 ). Bila manusia taat sejak awal harusnya manusia sudah dididik Tuhan menjadi manusia dengan makanan sehat karena hanya makan sayuran, ikan dan burung saja. Sehingga kalau kita lihat usia manusia rata-rata diatas 100 tahun ( Kejadian 5 : 1-32 ).

Tetapi manusia tidak taat dengan perintah Tuhan dan lebih menuruti ular yang sudah dimasuki Iblis ( Kejadian 3 : 1-7 ). Tuhan melarang manusia untuk makan buah pengetahuan yang baik dan jahat yang sudah dilarang Tuhan tetapi iblis membalikkan fakta dan dibuka rahasia agar bisa seperti Tuhan tahu yang baik dan yang jahat.

Manusia menjadi sombong dan ingin seperti Tuhan. Setelah mereka memakan buah tersebut hal itu awal manusia berdosa dan tidak taat pada Tuhan. Setelah peristiwa itu Allah marah dan mengusir manusia keluar dari Taman Eden dan manusia harus menjalani kutukan Tuhan akibat dosa ( Kejadian 3 : 16-19 ) yaitu wanita akan susah saat melahirkan dan laki-laki dengan berpeluh mencari rejeki. Sejak manusia keluar dari taman Eden manusia mulai berubah yaitu punya hati yang baik dan jahat.

Sudah ada irihati dan timbul kejahatan untuk membunuh ( Kejadian 4 : 1-12 ).
Kejahatan manusia terus bertambah manusia perlu diselamatkan dari kuasa dosa, kuasa iblis dan kuasa maut. Maka Tuhan Yesus karena kasihNya menyelamatkan umat manusia ( Yohanes 3 : 16 ). Jadi bukan dengan perbuatan kita bisa selamat tetapi karena kasih Tuhan ( Titus 3 : 5 ). Oleh karena Baptisan Air dan Roh Kudus. Tidak ada yang dibanggakan manusia maka kita disuruh belajar dari Tuhan yaitu rendah hati dan lemah lembut ( Matius 11 : 28-30 ).

Baca juga  FOKUS MEMANDANG TUHAN

Rendah hati ini agar kita mencontoh Tuhan Yesus sehingga Allah memuliakan Dia ( Filipi 2 : 1-10 ).
Tuhan sangat menyukai orang yang rendah hati ( I Petrus 5 : 5 ).
Orang yang sombong pasti dapat hukuman yaitu :
1. Raja Nebukadnezar menjadi seperti lembu hidupnya ( Daniel 4 : 25-33 )
2. Herodes mati karena sombong ( Kisah rasul 12 : 21-24 )
3. Absalom anak Daud yang sombong ( II Samuel 15 : 1-12 ).

Marilah kita sebagai ciptaan Allah tetap menjadi manusia yang rendah hati dihadapan Allah karena Allah sangat mengasihi orang yang rendah hati ( Yakobus 4 : 6 )

Kesimpulan dan Doa :
Tuhan Yesus ajarkan kami seperti Engkau yang lemah lembut dan rendah hati agar sukacita kami menjadi penuh dan taat sepenuh atas semua perintah-perintahMu.

Salam kasih
Stefanus Wiji Suratno
Dosen Program Doktor Theology dan Ministry
Harvest International Theological Seminary.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here