Raja Damai

0
155

Oleh: Stefanus Wiji Suratno

 

Yesaya 9:6 (TB) (9-5) Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

 

Sejak manusia jatuh didalam dosa maka hubungan manusia dengan Tuhan terputus. Hubungan manusia dengan Tuhan tidak bisa langsung bebas seperti awal kejadian dunia dan isinya diciptakan.

Maka dengan perantara yaitu para imam, para nabi, hakim-hakim, untuk menghubungkan antara Tuhan dan manusia.

Karena kasih Allah maka Allah mengaruniakan anakNya yang tunggal yaitu Tuhan Yesus menjadi perantara umat kepada Tuhan sehingga cukup melalui Tuhan Yesus maka umat dapat akses kepada Tuhan ( Yohanes 3 : 16; Yohanes 1 : 1, 14 ).

Tuhan adalah raja damai barang siapa percaya dan dibaptis maka dalam hidupnya akan mengalir aliran-aliran air kehidupan ( Yohanes 7 : 37-39 ). Tuhan Yesus adalah pintu ( Yohanes 10 : 7,9 ). Barangsiapa ingin kepada Bapa maka cukup melalui Tuhan Yesus. Tuhan Yesus adalah Juru selamat dunia sehingga Allah telah memberikan nama diatas segala nama supaya semua yang dibumi ini bertekuk lutut ( Filipi 2 : 1-9 ).

Tuhan Yesus disebut Raja Damai karena melaluiNya kita bisa berkomunikasi lagi dengan Allah. Hubungan kita menjadi dekat lagi cukup melalui namaNya maka segalanya menjadi dimudahkan. Lakukan segala sesuatu dengan nama Tuhan Yesus Kristus ( Kolose 3 : 17 ). Tuhan Yesus adalah sumber damai sejahtera bagi umatNya ( Yohanes 14 : 27 ). Dia adalah Pengantara kita dengan kematian Nya di kayu salib maka tirai telah terbuka sehingga kita bisa berdamai dengan Allah ( Ibrani 9 : 17 ).

Baca juga  CARILAH TUHAN MAKA KAMU AKAN HIDUP

Tuhan Yesus mati untuk menebus dosa dosa kita ( Ibrani 9 : 28 ). Tuhan Yesus menjadi Imam Allah yang Mahatinggi ( Ibrani 7 : 1, 17 ) dan disebut imam selama lamanya. Jadi dengan kelahiran Tuhan Yesus kedunia ini memberikan sukacita kita yang berlimpah karena kita tidak perlu imam didunia untuk menyampaikan permohonan kita kepada Tuhan karena cukup melalui Tuhan Yesus yang menjadi Imam yang mahatinggi dan selama lamanya sebagai imam kita kepada Tuhan maka kita bisa menyampaikan dengan permohonan langsung kepada Tuhan. Maka itulah nabi Yesaya menyatakan bahwa Tuhan Yesus datang kedunia menjadi Raja Damai bagi seluruh umatNya.

Kesimpulan dan Doa :
Tuhan Yesus terima kasih bahwa kehadiranMu didunia ini memberikan damai dan sejahtera bagi kami sehingga disàat kami membutuhkan pertolongan maka melalui namaMu yang Maha Kudus dan Maha Kuasa akan sampai kepada Allah Bapa Yang di sorga.

Salam kasih
Stefanus Wiji Suratno
Dosen Program Doktor Theology dan Ministry . Harvest International Theological Seminary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here