LIHAT KESELAMATANMU DATANG

0
65

Oleh: Pdt.Lundu HM.Simanjuntak

(Lukas 1:26-38)

Semua orang Kristen di seluruh dunia pada Hari ini merayakan natal secara serempak dari sore hingga malam hari. Pesta memperingati Hari kelahiran Yesus Kristus menggema dimana-mana untuk menyambut lahirnya Sang Juru Selamat dunia.

Perayaan malam natal yang berlangsung serempak itu sekaligus menandakan adanya sebuah sejarah baru, yaitu tentang keselamatan seluruh manusia. Pesta perayaan malam natal sekaligus menunjukkan rasa ucapan syukur orang Kristen atas kasih Allah yang begitu besar sehingga Ia mengaruniakan AnakNya yang tunggal Tuhan kita agar setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal.

Kelahiran Yesus Kristus
telah dirancang oleh Allah bahkan telah dinubuatkan melalui para Nabi di dalam perjanjian lama. Peristiwa kelahiran Yesus bukan terjadi secara tiba-tiba, namun itu merupakan jawaban atas janji Allah yang telah dinyatakan dari masa ke masa.

Allah ingin menyatakan bahwa rencanaNya untuk menyelamatkan manusia adalah benar dan tidak sekedar janji. Allah tidak “sanggup” melihat manusia terjerat di dalam penderitaannya, hingga Iapun mengutus AnakNya untuk membebaskan manusia dari penderitaan itu.

Patutlah kita bersyukur kepada Allah karena Ia tidak membiarkan manusia secara terus menerus berada “kubang” penderitaan. Perayaan malam natal ini sekaligus juga menunjukkan sebuah peristiwa besar yang penuh sukacita.

Mujizat besar tercermin lewat kelahiran Yesus dari seorang wanita yang belum bersuami. Kelahiran Yesus murni atas kehendak Allah bukan atas keinginan manusia.

Maria, sebagai reprensentasi manusia menerima semua yang diberitakan malaikat Gabriel dengan penuh suka cita. Respon Maria yang sangat baik itu membuat semua rancangan Allah berjalan dengan baik.

Sudah saatnya kitapun harus selalu merespon semua nasihat Allah secara baik, agar rancangan Allah yang baik itu akan selalu berlangsung di dalam hidup kita. Atas ketaatan Maria terhadap semua yang disampaikan Allah lewat malaikatNya, hingga keselamatan itu sungguh terjadi.

Baca juga  Kembali kepada Bapa, Masuk dalam Pesta Sorgawi

Manusia bisa saja ingkar atas janjinya, namun tidak demikian dengan Allah, Ia selalu setia terhadap semua janjiNya. Melalui pesta perayaan malam natal Hari ini mari kita tingkatkan hubungan kita dengan Allah, agar keselamatan yang dibawa oleh bayi Yesus itu akan terus menjadi milik kita.

Kelahiran Yesus juga mencerminkan betapa besarnya cinta kasih Allah kepada manusia. Untuk itu marilah kita rayakan malam natal Hari ini dengan penuh ucapan syukur karena kasih Allah sungguh nyata atas kita.

Berita bahagia telah menggelegar ke seluruh dunia, berita kelahiran Yesus telah sampai kepada seluruh telinga manusia, berita sukacita yang disampaikan malaikat Gabriel telah mendatangkan keselamatan bagi kita. Mari kita pertahankan keselamatan yang dari Yesus itu agar kelak kita dapat memperoleh keselamatan yang sesungguhnya, amen.

DOA:

Ya Allah, sungguh aku bersyukur atas kelahiran anakMu, karena aq tahu bahwa keselamatan itu ada padanya, amen.

SELAMAT PAGI
DAN
SELAMAT MENYAMBUT MALAM NATAL

(Pdt.Lundu HM.Simanjuntak-Ktr HKBP Distrik VIII DKi Jkt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here