SEBAB TUHAN ADALAH PENGASIH

0
262

Oleh: Christian T

 

*Renungan BGA ( Baca Gali Alkitab )*

*Keluaran 22:21-27*

*SEBAB TUHAN ADALAH PENGASIH*

*Syallom, sahabat-sahabat pembaca setia BGA yang terkasih dalam Kristus Yesus,* TUHAN memberikan peraturan agar tatkala bangsa Israel sudah mendiami Tanah Perjanjian, Kanaan agar mereka tidak melakukan penindasan atau kesewenang-wenangan terhadap orang asing, janda dan anak yatim, serta orang miskin ( 21-22 ), jangan memungut bunga pinjaman kepada mereka yang sangat membutuhkannya (25), harus mengembalikan jubah yang digadaikan (26).

Arti kata tindas menurut KBBI : 1 menindih (menghimpit, menekan) kuat-kuat atau dengan barang yang berat: memperlakukan dengan sewenang-wenang ( lalim, kekerasan); menggencet; memperkuda (memeras dsb):

Seperti apa yang telah mereka alami di Mesir diperlakukan sebagai budak yang ditindas, demikianlah TUHAN memerintahkan agar tidak melakukan hal yang sama terhadap orang yang tak berdaya. Mereka harus berlaku adil dan mengasihi mereka.

*Para sahabat-ku yang terkasih dalam Yesus,* perintah ini disertai dengan peringatan keras bahwasanya TUHAN akan mendengarkan seruan nyaring mereka, sebab TUHAN adalah pengasih (23,27). Kasih TUHAN tidak memandang bulu. Kasih TUHAN tidak dibatasi oleh tempat, ruang dan waktu.

Sebab semua makhluk hidup dan apalagi manusia yang dicipta menurut rupa dan gambar-Nya. Demikianlah salah satu dari sekian banyak peraturan yang TUHAN tetapkan kepada umat-Nya, Israel agar mengingatkan dan melakukanya tatkala sudah menjadi orang merdeka dan diberkati.

*Sobat yang terkasih,* bagaimana dengan kita yang telah dibebaskan dari perbudakan dosa anda dibebaskan dari maut, menjadi umat kesayangan-Nya dan diberkati ? Apakah justru kita tidak peduli dan bahkan menindas mereka yang miskin dan tak berdaya ? Ingatlah selalu bahwa TUHAN adalah Pengasih !

*Sobat*, tak usah jauh-jauh, marilah kita mulai praktekkan kepada orang terdekat kita, terhadap asisten rumah tangga, karyawan, tetangga dan sesama komunitas gereja kita !

Baca juga  Langkah Pertama Menuju Penyelesaian Konflik

_*Tidak ada seorang pun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita ( 1 Yoh 4:12 )*_

_*Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia ( Yak 1:27 )*_

_*Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman ( Gak 6:10 )*_

Tuhan Yesus memberkati.

Salam dan doa
Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here