PENGAKUAN DOSA DAN PERTOBATAN 

0
210

Oleh: P. Adriyanto

 

*”Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan ?.”*
*Roma 2:4*

Ternyata karena kasih Allah kepada kita, maka Ia telah menuntun kita kepada pertobatan. Tanpa tuntunan Allah, manusia tidak dapat bertobat.
Saya cukup lama mencari pengertian pertobatan sesuai dengan Alkitab, namun belum saya temukan. Berdasarkan ayat di atas, saya mencoba menyiapkan pengertian pertobatan tersebut.

Pertobatan adalah perubahan arah 180 derajat *(turnaround)* sesuai dengan kehendak Allah yang ingin memberi keselamatan kekal bagi kita. Perubahan arah tersebut harus diikuti oleh suatu tindakan nyata yaitu pengakuan atas segala dosa kita dan melakukan segala hal sesuai dengan kehendak-Nya.

Saulus (Paulus) yang sangat membenci Kristus dan membunuh orang-orang percaya, ia kemudian bertobat dan menjadi rasul yang memuliakan nama Kristus.

Pertobatan yang tidak disertai oleh kesadaran dan pengakuan atas segala dosa dan tindakan nyata adalah perbuatan yang sia-sia.

Saya pernah mengikuti program *Camp Pria Sejati* yang diselenggarakan oleh gereja Abba Love, di suatu tempat di belakang Istana Bogor. Bukan hanya saya tapi juga para peserta yang lain merasa kikuk bila harus mengaku dosa di depan Pembina, terlebih di depan altar. Wah lebih mudah mengakui segala dosa kita kepada Tuhan, daripada kepada manusia lain. Namun karena kehadiran Tuhan di tengah-tengah ratusan pria yang berdosa ini, maka pengakuan tersebut membawa kelegaan dalam hati kita. Akan tetapi, pengakuan dosa tersebut tidaklah cukup, Tuhan menghendaki kita melakukan tindakan-tindakan nyata sesuai dengan kehendak-Nya agar kita beroleh keselamatan kekal.
Sejak saat itu, kepada beberapa sahabat, saya juga mengungkapkan dosa-dosa yang telah saya perbuat.

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

Kita semua adalah orang berdosa. Bila ada seorang yang mengatakan bahwa ia tidak berdosa, maka ia telah menipu diri sendiri.
*”Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita.menipu diri kita sendiri, dan kebenaran tidak ada di dalam kita. Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.”*
*1 Yohanes 2:8,9*

Bagi kita yang adalah pengikut Kristus, kita wajib mengaku dosa kita dan bertobat. Kita harus selalu bergumul dalam doa agar Tuhan menuntun kita melupakan keinginan daging yang selalu menggoda kita.
Amin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here