HOSANA BAGI ANAK DAUD

0
490

Oleh: Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak

(Matius 21:9)

Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!

Hosana berarti “Aku berdoa, selamatkanlah aku sekarang”

Hosana berasal dari kata Ibrani ‘HOSYI’AH NA’ terdiri dari dua kata ‘YASHA’ yang artinya menyelamatkan dan ‘NA’ yang artinya doa atau permohonan. Jadi, jika dikatakan ‘hosana’ itu berarti sebuah ungkapan yang mengandung doa dan permohonan keselamatan.

Murid-murid Yesus bersama dengan banyak orang sedang berkumpul di Yerusalem dalam keadaan gembira dengan bersorak-sorai menyambut kedatangan Yesus masuki Kota Yerusalem dengan menunggangi seekor keledai muda betina. Hosana bagi Anak Daud, sebuah doa permohonan agar keselamatan boleh terjadi atas Dia yang sedang datang.

Diberkatilah dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi. Kami memberkati kamu dari dalam rumah TUHAN. Yang datang itu kiranya diberkati dan yang datang itu ternyata adalah memberkati dan menyelamatkan.

Di dalam ayat hari ini kata Hosana yang berarti doa permohonan keselamatan itu berubah menjadi suatu istilah yang menyatakan sukacita dan pujian. Itulah sebabnya saat Yesus memasuki kota Yerusalem, banyak orang mengelu-elukanNya dan berkata Hosana sambil melambai-lambaikan daun palem.

Siapa yang mau berseru dengan mengatakan Hosana berarti ia sedang mengagungkan, membesarkan dan meninggikan nama Tuhan. Siapa yang mau memuji, mengagungkan dan meninggikan nama Tuhan, berarti ia adalah orang yang sudah berdamai dengan Tuhan, sehingga ia memiliki sukacita besar.

Siapa yang ingin merasakan kedamaian yang dari Tuhan, bukalah pintu hatimu lebar-lebar agar Yesus segera memasuki kehidupanmu, melawatmu dan memperdamaikan hatimu sehingga suka cita besar menjadi milikmu, amen.

DOA:

Ya Allah, lawatlah aku karena aku ingin berdamai denganMu, dengan sesamaku dan tentu dengan diriku sendiri, amen.

SELAMAT PAGI
DAN
SELAMAT BERAKHIR PEKAN

(Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak-Ktr HKBP Distrik VIII DKI Jkt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here