MENJADI ORANG YANG SELALU MEMILIKI PENGHARAPAN

0
294

 

Oleh: Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak-

 

(Yesaya 35:10)

Dan orang-orang yang dibebaskan TUHAN akan pulang dan masuk ke Sion dengan bersorak-
sorai, sedang sukacita abadi meliputi mereka; kegirangan dan sukacita akan memenuhi mereka,
kedukaan dan keluh kesah akan menjauh.

Setiap orang pasti memiliki sebuah harapan besar dalam hidupnya, terlepas dia orang miskin atau kaya, bodoh atau pintar, orang desa atau orang kota. Namun demikian tidak ada seorangpun di dunia ini yang dapat menjamin bahwa apa yang menjadi harapannya itu akan dapat terwujud walaupun ia termasuk orang yang tekun berdoa dan pekerja keras.

Yang pasti di dalam perjalanan setiap orang Kristen pada saat-saat tertentu ia akan mengalami kesulitan dan itu dapat menghambat perjalanan hidupnya untuk mencapai apa yang diinginkannya.
Terkadang kita semakin merasakan beratnya tantangan hidup ini saat
mengetahui orang yang tidak sungguh-sungguh berTuhan justru memiliki beban yang ringan.

Namun demikian ayat hari ini memberikan sebuah pengharapan besar karena Allah pasti akan membebaskan orang-orang yang sungguh mengikuti
jalanNya. Dibebaskan dan diperkenankan untuk pulang dan masuk ke Sion dengan bersorak-sorai, dan sukacita abadi akan meliputi mereka; kegirangan serta sukacita akan memenuhi mereka, bahkan kedukaan dan keluh kesahpun akan menjauh dari mereka.

Ayat ini mau mengatakan harapan dari orang-orang Israel kala mana mereka
mendapatkan pembebasan dari tanah perbudakan di Babel. Mereka telah dibuang dari tanah mereka di Yerusalem ke Babel dan menjadi budak, karena pelanggaran- pelanggaran yang telah mereka lakukan.

Bangsa Israel diminta untuk kuat menghadapi tantangan jika memang ingin merasakan keselamatan yang dari Allah, serta diminta untuk bertobat. Jika tidak, maka harapannya untuk merasakan keselamatan itu tidak akan dapat terwujud walaupun ia
termasuk orang yang tekun berdoa.

Baca juga  Langkah Pertama Menuju Penyelesaian Konflik

Yang pasti Allah akan datang untuk menyelamatkan orang Israel demikian Nabi Yesaya memberikan nubuat bagi mereka. Demikianlah aklhirnya orang Israel akan mendapatkan pembebasan keluar dari tanah perbudakan di Babel, serta diperkenankan untuk memasuki sion dengan penuh suka cita serta sorak sorai.

Saat ini kita telah merasakan pembebasan dari belenggu dosa yang mematikan itu lewat karya penyelamatan yang telah dilakukan oleh Tuhan Yesus, untuk itu marilah kita bersorak
sorai dengan memberikan pujia-pujian hanya kepadaNya saja, amen.

DOA:

Ya Tuhan, ajarilah dan kuatkanlah aku untuk menjadi orang yang berpengharapan hanya kepadaMu, sebab aku yakin padaMu ada sorak-sorai, kegirangan dan suka cita, amen.

SELAMAT PAGI
DAN
SELAMAT BETAKTIFITAS

(Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak-Ktr HKBP Distrik DKI Jkt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here