KEMURAHAN HATI

0
204

 

BACA : Lukas 10:30-37

Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan. (Matius 5:7)

RENUNGAN INSPIRASI

Sebuah video yang direkam secara diam-diam oleh Johal dan sempat dilansirkan oleh elitereaders.com, memperlihatkan ia yang berpura-pura kelaparan. Ia menghampiri seorang tunawisma yang sudah lanjut usia dan bertanya apakah ia memiliki makanan untuk dibagi. Tunawisma itu pun memberinya sandwich. Dari perbincangan mereka, diketahui bahwa tunawisma itu terakhir makan di hari kemarin. Johal terus mengorek identitas si tunawisma dan ternyata ia adalah seorang supir truk yang izin mengemudinya sedang ditangguhkan karena pelanggaran lalu lintas. Hal itu membuatnya kehilangan penghasilan dan berusaha menabung untuk mengurus izin mengemudinya. Johal berpura-pura mengalami kesulitan dan meminjam uang pada tunawisma tersebut. Johal pun diberikan 80 dolar yang merupakan uang tabungan tunawisma itu untuk mengurus izin mengemudinya. Karena kemurahan hati tunawisma tersebut, Johal memberinya 700 dolar.

Bacaan Alkitab hari ini menceritakan tentang perumpamaan yang disampaikan oleh Tuhan Yesus mengenai orang Samaria yang murah hati. Dalam budaya orang Yahudi, mereka tidak bergaul dengan orang Samaria (Yohanes 4:9). Namun, dalam kisah ini orang Samaria itu tidak memedulikan ras, suku atau keretakan hubungan yang sedang terjadi. Ia hanya ingin membantu seseorang yang saat itu sedang kesulitan dan membutuhkan dirinya. Dan Tuhan Yesus menutup perumpamaan ini dengan mengatakan bahwa orang seperti itulah yang disebut sesama manusia. Hari ini, kita pun diajak untuk menerapkan sikap kemurahan hati dalam kehidupan sehari-hari. Sebab kemurahan hati kita akan mencerminkan hati Bapa kita. Inilah tujuan kemurahan hati yang luar biasa dari hati kita terhadap orang lain, bahkan ketika mereka tidak pantas mendapatkannya dan tidak mencintai kita sebagai balasannya. “Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati” (Lukas 6:36). (EK)

REFLEKSI DIRI
1.Tindakan kemurahan hati apa yang ingin Anda lakukan hari ini?
2.Mengapa Anda tergerak untuk menunjukkan kemurahan hati kepada orang lain?

D O A
Bapa di Sorga, berikan aku hati yang bermurah hati kepada sesamaku. Pimpin aku agar selalu memerhatikan dan memiliki belas kasihan kepada orang di sekitarku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Mintalah pimpinan Roh Kudus agar diberi kepekaan untuk menolong seseorang yang membutuhkan dan berkomitmen untuk melakukan itu setiap hari.

HIKMAT HARI INI
Ketika Anda melakukan tindakan kebaikan, maka berkat akan mengikuti Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here