JADILAH UMAT ALLAH

0
131

Oleh: Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak

Yeremia 30:22

Maka kamu akan menjadi umat-Ku, dan Aku akan menjadi Allahmu.”

Kejahatan yang dilakukan oleh bangsa Israel membuat mereka jauh dari pandangan Allah. Jangankan Allah, bangsa-bangsa lainpun enggan untuk bersekutu dengan bangsa Israel yang menyimpang dari kehendak Allah.

Karena dosa maka penderitaan bangsa Israel digambarkan bagaikan penyakit yang menjijikkan sehingga bangsa lain pun enggan untuk berpaling kepada mereka. Bangsa Israel sungguh membutuhkan orang yang mau peduli terhadap mereka.

Semua menjauh seakan sebuah kerugian besar jika berteman dengan bangsa Israel. Di masa seperti ini, siapa yang mau peduli? Pertanyaan itu dimunculkan karena tidak ada lagi yang mau peduli kepada bangsa Israel.

Di saat bangsa Israel terbuang dari pandangan umat lain, banyak umat berpikir bahwa bangsa Israel hanya tinggal menunggu masa kehancuran dan kemusnahan. Namun di tengah ketidakmungkinan bangsa Israel akan mendapatkan pertolongan, Allah datang lewat Nabi Yeremia Dan barfirman.

Beginilah Firman Allah: Sesungguhnya, Aku akan memulihkan keadaan kemah-kemah Yakub, dan akan mengasihani tempat-tempat tinggalnya, kota itu akan dibangun kembali di atas reruntuhannya, dan puri itu akan berdiri di tempatnya yang asli. Nyanyian syukur akan terdengar dari antara mereka, juga suara orang yang bersukaria.

Aku akan membuat mereka banyak dan mereka tidak akan berkurang lagi; Aku akan membuat mereka dipermuliakan dan mereka tidak akan dihina lagi. Ya. TUHAN Allah tidak berkurang kasih setia-Nya.

Allah tidak hanya sekedar mengasihi, tetapi juga memulihkan keadaan bangsa Israel seperti semula sebelum mereka terbuang.

Allah mengembalikan hak mereka sebagai umat Allah yang sempat hilang karena kejahatan mereka. Ayat hari in berkata: Maka kamu akan menjadi umat-Ku, dan Aku akan menjadi Allahmu.

Baca juga  BIARLAH ROH TUHAN ADA PADAMU

Sungguh besar kasih Allah kepada umat Israel dan bagi kita, bahkan seringkali tak terselami, tak terduga dan tak terkira kasihNya. Di masa minggu-minggu Advent ini kita hendaknya semakin merasakan betapa kasih Allah itu sungguh luar biasa.

Percayalah kepada terang yang akan datang itu, sebab selama terang itu ada padamu, engkau akan menjadi anak-anak terang dan umat kepunyaan Allah. Mari datang dan percaya kepadaNya serta percayakan hidupmu hanya kepada Alllah hingga kasihNya semakin nyata bagimu dan bagiku, amen.

DOA:

Ya Allah, aku tidak mau meninggalkanMu dan aku ingin selalu menjadi umatMu agar kasihMu semakin nyata bagiku, amen.

(Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak-Ktr HKBP Distrik VIII DKI Jkt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here