DATANG PADA TUHAN, MENERIMA KEHIDUPAN.

0
23

Oleh: Pdt Martunas P. Manullang

Selamat pagi,  salam damai sejahtera bagi kita semua.

Itulah yang menjadi seruan Firman Tuhan, sebagaimana tertera pada ayat renungan hari ini yang berbunyi: ” Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud” (Yesaya 55:3).

Seruan nabi Yesaya pada zamannya yang mengajak seluruh umat Tuhan agar turut serta dalam menerima janji Tuhan, yaitu keselamatan bagi semua orang yang datang kepada-Nya.

Digambarkan, Allah telah sedang dan akan bekerja untuk mendatangkan keselamatan bukan hanya bagi umat-Nya, tetapi bagi seluruh bangsa atau umat manusia di dunia ini.

Mengapa?

Karena Allah mengasihi seluruh bangsa di dunia ini, sehingga Ia ingin menyelamatkan dunia ini.

Keselamatan yang Dia tawarkan kepada semua orang, syaratnya sederhana: Mendengar Firman-Nya, memercayainya dan datang kepada-Nya. Firman itu bagaikan air kehidupan yang akan membuat setiap orang tidak akan haus lagi, karena sudah dipuaskan.

Firman itu juga bagaikan roti kehidupan yang akan membuat setiap orang tidak lapar lagi, karena sudah dikenyangkan. Firman itu adalah Yesus sendiri yang datang ke dunia dan akan selalu ada (bersama) dengan manusia. Immanuel, Allah menyertai kita. Allah beserta kita.

Mendengar kepada Allah dan firman-Nya membuat kita menerima kehidupan yang baru, segar dan yang membuat kita semakin bertumbuh, kuat dan mampu melakukan tugas, pekerjaan, fungsi, tanggungjawab kia masing-masing, karena kita telah disegarkan dan dikuatkan Firman-Nya yang hidup itu.

Mendengar janji abadi-Nya kepada kita semua, kepada setiap orang, membuat kita semakin kuat dan teguh berpengharapan akan masa depan kehidupan kita.

Baca juga  TAAT KEPADA FIRMANNYA 

Itulah sejumlah perubahan besar yang akan terjadi dalam diri orang yang sudah bertobat, berubah dari kehidupan yang tadinya tidak memperhatikan “suara Allah” dan kini benar-benar berpaling dari dosanya, mendengar Firman Allah dan percaya Tuhan Yesus Juruselamat manusia dan dunia. Bahkan dari kematian pun, orang percaya akan dibawa kepada kehidupan yang baru.

Ya, dalam percaya penuh kepada-Nya, maka kita pun, atau setiap orang akan mendapat bagian dalam kehidupan dan kemenangan yang dijanjikan-Nya.

Hanya dengan mendengar Tuhan dan datang kepada-Nya dalam iman-percaya yang teguh, kita akan menerina anugerah-Nya : kehidupan baru, kehidupan yang kekal.

Inilah juga yang menjadi fokus pengharapan kira di masa Minggu Adven I ini, pengharapan akan anugerah keselamatan, kehidupan baru, kehidupan yang kekal.

Selamat beraktivitas di hari ini. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

Pdt Martunas P. Manullang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here