BERSYUKUR KEPADA ALLAH

0
219

Oleh: Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak

Yesaya 12:1

Pada waktu itu engkau akan berkata: “Aku mau bersyukur kepada-Mu, ya TUHAN, karena sungguhpun Engkau telah murka terhadap aku: tetapi murka-Mu telah surut dan Engkau menghibur aku.

Bangsa Israel yang sedang mengalami teguran besar dari Allah pada zaman nabi Yesaya (ps.12) tentu mengalami kesedihan besar. Teguran besar dikarenakan bangsa Israel sedang berperilaku menyimpang dari jalan Allah.

Allah sudah menetapkan bahwa bangsa Israel pasti akan dihukum jika bangsa Israel tidak mau berubah. Hal itu wajib dan tidak bisah ditawar-tawar lagi, kejahatan harus diperhadapkan kepada hukuman.

Bersamaan dengan situasi seperti itu maka bangsa Israel semakin merasakan penderitaan besar karena bayangan hukuman Allah dirasakan sudah ada di depan mata. Ibarat seorang yang sedang kelelahan dan haus mereka butuh setetes air.

Allah menginginkan umatNya, yang sedang mengalami pergumulan besar baik secara fisik maupun spiritual, untuk menemukan mata air keselamatan dari-Nya. Sungguh penderitaan bangsa Israel digambarkan sebagai orang yang letih lesu dan berbeban berat serta berjalan di padang gurun.

Allah melalui Nabi Yesaya menyamakan keselamatan yang dari Allah ibarat menemukan mata air yang memancarkan air yang dapat menyegarkan. Bangsa israel yang ternyata masih terus berpaling dari Allah, semakin merasakan kemarahan Allah.

Masa pembuangan sebagai hukuman nampaknya tak terelakkan lagi dan bangsa lain akan dipakai Allah untuk menaklaukkan kejahatan bangsa israel. Kemarahan Allah ternyata bukan akhir dari segalanya, ayat hari ini merupakan kidung pujian kepada Allah atas kesetiaanNya dalam memenuhi segala janjiNya.

Dibalik hukuman atau murkaNya ternyata Allah mempersiapkan keselamatan bagi bangsa israel. Yesaya menyenangkan hati umat Allah dengan menyampaikan bahwa murka Allah pada saatnya pasti akan surut.

Keselamatan dari Allah, akan diterima bangsa Israel berupa kesegaran, anugerah, kekuatan, dan sukacita. Anugerah keselamatan itu akan menyegarkan serta menguatkan hati bangsa israel dan mendorong mereka untuk memuji dan mengucap syukur kepada Allah.

Rasakanlah dalam hidupmu bahwa Allah itu selalu baik kepadamu, jangan pernah berpaling dari padaNya agar Anugerah yang penuh suka cita dari Allah itu sungguh engkau dapatkan, amen.

DOA:

Ya Tuhan, aku tahu bahwa kemurahanMu akan selalu kurasakan, untuk itu jadikanlah aku sebagai orang percaya yang selalu mau bersyukur kepadaMu, amen.

SELAMAT PAGI
DAN
SELAMAT BETAKTIFITAS

(Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak-Ktr HKBP Distrik VIII DKI Jkt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here