BELAJAR MENJADI SABAR

0
466

*BACAAN ALKITAB HARI INI*
1 Samuel 13:5-14

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*
Keluaran 22

*AYAT HAFALAN*
Amsal 16:22, Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

*RENUNGAN INSPIRASI*

Ketika Saul dan bangsa Israel terjepit di medan perang, mereka berlari mencari tempat perlindungan. Saul dan rakyat yang mengikutinya menunggu Samuel di Gilgal untuk mempersembahkan korban kepada Tuhan. Namun, namun tujuh hari ditunggu, Samuel tak kunjung datang. Sementara rakyat yang ketakutan tercerai berai. Saul yang takut ditinggalkan oleh rakyat pun mengambil tindakan yang pada akhirnya akan dia sesali. Sebab, sebelumnya Samuel sudah mengingatkan bahwa ia akan datang setelah tujuh hari dan sebelum ia datang, Saul tidak boleh mengambil tindakan apa pun. Ia harus menunggu. Sayangnya, Saul tidak sabar menantikan Samuel. Sehingga ia pun mempersembahkan korban. Karena ketidaksabarannya, Tuhan marah kepada Saul.

Di zaman yang segala sesuatunya berjalan dengan cepat ini, kesabaran menjadi ujian yang cukup berat. Sabar, erat kaitannya dengan menunggu. Menurut Kamus Webster, kesabaran adalah “bertahan tanpa mengeluh”. Jadi, kesabaran bukan hanya saat kita mengambil pilihan lain ketika pilihan pertama tak kunjung tiba. Tetapi juga berkaitan dengan sikap kita saat sedang menunggu. Contohnya ketika menunggu di dalam antrian kasir yang belum bergerak selama 10 menit, banyak dari kita yang akan mulai mengeluh. Pada dasarnya, kesabaran adalah salah satu buah roh yang tidak dapat kita pelajari dengan membaca teorinya. Ini merupakan sebuah sifat yang hanya bisa diperoleh dengan berlatih terus menerus.

*Tuhan Yesus adalah teladan terbaik yang sudah menunjukkan teladan kesabaran kepada kita.* Dia yang sesungguhnya memiliki hak untuk menghancurkan kita karena dosa kita, tetapi Dia bersabar supaya kita tidak dibinasakan (2 Petrus 3:9). Karena itu *marilah kita melatih diri untuk hidup dalam kesabaran. Mulailah mencari cara agar Anda menggunakan waktu dengan bijaksana alih-alih mengeluh karena terus menunggu.* (EK)

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

*REFLEKSI DIRI*
1. Apa yang dikatakan Alkitab kepada kita tentang proses melatih kesabaran?
2. Bagaimana cara Anda melatih kesabaran Anda?

*POKOK DOA*
Bapa di sorga, aku mau belajar untuk menjadi orang sabar seperti yang Engkau kehendaki. Mohon bimbing dan pimpin aku dengan kekuatan Roh Kudus-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

*YANG HARUS DILAKUKAN*
*Catatlah setiap hal-hal yang membuat Anda tidak bisa bersabar, kemudian latihlah bersabar untuk hal itu dalam doa dan tuntunan Roh Kudus.*

*HIKMAT HARI INI*
*Kesabaran bukan hanya kemampuan untuk menunggu tetapi juga bagaimana kita bersikap saat sedang menunggu. — Joyce Meyer*

============================

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here