JADILAH HAMBA ALLAH

0
38

 

Oleh: Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak

(Yesaya 49:4)

Tetapi aku berkata: “Aku telah bersusah-susah dengan percuma, dan telah menghabiskan kekuatanku dengan sia-sia dan tak berguna; namun, hakku terjamin pada TUHAN dan upahku pada Allahku.”

Yesaya yang terkenal sebagai seorang nabi berkarakter keras dan tegas sangat tepat pada masanya untuk menyampaikan pesan Allah kepada bangsa Israel. Yesaya yang juga dapat disebut sebagai hamba Allah dituntut untuk memiliki keberanian di dalam menyampaikan Firman Allah ke tengah bangsa Israel yang saat itu justru sedang melakukan banyak kejahatan.

Coba kita bayangkan seorang pekabar Injil dituntut harus berani menyampaikan kebenaran Firman Allah di sebuah pulau yang penduduknya adalah para pelaku kejahatan. Jika pekabar Injil memilih diam agar aman, tetapi kejahatan semakin menjadi.

Sebaliknya jika pekabar Injil dengan tegas menyatakan kebenaran Firman Allah, bisa-bisa hidupnya terancam untuk dibunuh. Demikianlah beratnya tantangan yang dihadapi Yesaya selaku hamba Allah karena ia harus berani dengan tegas menyatakan Firman Allah.

Tidak hanya sekedar menyampaikan Firman Allah, tetapi juga harus berani menegur bangsa Israel yang sedang getolnya melakukan kejahatan. Kemarahan Allah atas kejahatan bangsa Israel harus benar-benar dapat disampaikan ke tengah bangsa Israel.

Bagi seorang hamba Allah seperti Yesaya, telah memahami bahwa keberhasilan seseorang di dalam melaksanakan pekerjaanya bukan ditentukan oleh perhitungan manusia, melainkan melulu hanya oleh perhitungan Allah. Jika kesusahan Yesaya tampil sebagai seorang hamba Allah dirasakan percuma dan sia-sia serta tak berguna menurut ukuran manusia, namun ia yakin bahwa haknya dan upahnya dijamin oleh Allah, artinya Yesaya sangat yakin bahwa keselamatannya ada di tangan Allah.

Setiap hamba Allah harus rela dan siap menderita di dalam menjalani kehidupannya demi kemuliaan Allah. Ingat Yesuspun rela menjadi seorang hamba dan siap menderita bahkan mati hanya untuk menjukkan ketaatanNya kepada Allah demi keselamatan umat manusia.

Baca juga   TINGGAL DI DALAM KRISTUS YESUS 

Bukankah setiap orang yang telah menerima keselamatan dari Allah, sesungguhnya ia juga adalah hamba Allah? Jika itu kita sadari, maka sesungguhnya kita juga dipanggil untuk memberitakan pekerjaan Allah di tengah-tengah dunia ini.

Apapun pekerjaanmu, saudara pasti akan pernah berhadapan dengan tantangan dan persoalan hidup. Dekmikian juga seorang hamba Allah harus lebih menyadari lagi bahwa dimanapun serta kapanpun, engkau tidak akan pernah lepas dari persoalan dan tantangan.

Tapi ingat, jika kita benar- benar hamba Allah, maka apapun bentuk tantangan yang kita hadapi, serta sebesar apapun tantangan yang kita hadapi, jangan pernah takut. Semangat kita untuk menyatakan kebenaran Firman Allah harus terus bernyala-nyala agar tugas panggilanNya bagi kita dapat kita berjalan dengan baik.

Ayuk, nyatakan terus kebenaran Firman Allah terlebih bagi orang Kristen yang saat ini lebih condong mengikuti keinginan dagingnya saja, jangan pernah kendur semangat melayani dan ketahuilah hakmu dan upahmu telah terjamin di tangan Allah, amen.

DOA:

YA Tuhan, aku adalah hambaMu, yang telah menerima keselamatan dariMu, jadikanlah aku sebagai hamba yang siap menghadapi berbagai macam tantangan, karena aku yakin hak dan upahku hanya ada padaMu, amen.

SELAMAT PAGI
DAN
SELAMAT BETAKTIFITAS

(Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak-Ktr HKBP Distrik VIII DKI Jkt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here