Berdiam Diri

0
474

Oleh: Lie Stefanus Wiji Suratno

 

Amsal 11:12 (TB) Siapa menghina sesamanya, tidak berakal budi, tetapi orang yang pandai, berdiam diri.

 

Dalam ilmu psikologi ada dua tipe orang yang termasuk pendiam yaitu melankolis dan plegmatis. Sedangkan yang periang adalah Koleris dan Sanguinis. Dalam peribahasa air tenang menghanyutkan. Artinya sulit ditebak atau sulit diperkirakan dan sulit dicari kesalahannya.

Plegmatis dan Melankolis lebih senang menghindari konfliks. Tidak mudah marah ( Efesus 4 ::26-27 ). Pendiam, tenang, sabar dan konsisten. Dapat menyembunyikan emosi serta bisa mengambil yang baik dari yang buruk. Ada manfaat berdiam diri yaitu :

PENGUASAAN DIRI :
Orang yang bisa melakukan penguasaan diri akan memiliki kasih dan bisa berdoa saat marah ( I Petrus 4 ::7-8 ).

Kesudahan segala sesuatu sudah dekat maka kuasailah dirimu dan jadilah tenang supaya kamu dapat berdoa. Kasih menutupi banyak dosa. Penguasaan diri merupakan buah-buah Roh ( Galatia 5 : 22 ). Penguasaan diri melatih tubuh kita ( I Korintus 9 : 27 ).

PERLAWANAN :
Berdiam diri merupakan kekuatan kita ( Yesaya 30 ::15 ). Berdiam diri merupakan perlawanan yang efektif. Lihat kisah Saul dan Daud ( I Samuel 26 ::23 ) artinya memberikan Allah membela kita. Ini sebagai nasihat bagi anak muda ( Titus 2 : 6 ). Berdiam diri melatih kita untuk sabar ( II Timotius 4 : 5 ).

BERSERAH :
Menyerahkan segalanya pada Allah dan tidak irihati terhadap keberhasilan orang lain ( Mazmur 37 : 7-8 ). Kemarahan hanya membawa kita kepada kejahatan.
Berserah artinya memberi kesempatan kepada Tuhan untuk bergerak ( Roma 12 : 9 ). Berserah berarti kita percaya dan beriman kepada Tuhan ( Amsal 3 : 6 ). Jangan bersandar pada pengertianmu sendiri.

Kesimpulan dan Doa :
Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan dan orang yang menguasai dirinya melebihi orang yang merebut kota ( Amsal 16 : 32 ).

Salam kasih
Lie Stefanus Wiji Suratno
Dosen Program Doktor Theology dan Ministry
Harvest International Theological Seminary.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here