Saling Menolonglah Kamu

0
284

Oleh; Pdt. Anna Vera Pangaribuan

Selamat pagi untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita sekalian.

Galatia 6 : 2, Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.

BERTOLONG-TOLONGLAH

Manusia diciptakan Allah sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Makhluk sosial yang saling membutuhkan bantuan atau pertolongan dari orang lain untuk menghidupi proses perjalanan kehidupan di dunia ini. Manusia tidak bisa hidup sendiri, kalimat ini masih berpengaruh besar pada zaman dulu dan sampai sekarang. Hanya bedanya saat ini adalah manusia saat ini sudah banyak yang dibantu oleh teknologi yang berkembang. Sehingga nilai tolong menolong satu dengan yang lain sudah mulai berkurang dan bahkan berkurang saat ini. Kemajuan jaman ini sudah banyak mengurangi nilai tolong menolong diantara sesama manusia, misalnya dalam hal pertanian saat sudah tidak banyak memerlukan tenaga manusia untuk melakukan tugas menanamkan sampai mengambil hasil panen sebab sudah ada mesin yang mengerjakan semuanya. Bila demikian situasi kita saat ini, ada banyak teknologi yang dapat menolong kita, adakah masih nilai-nilai tolong menolong di dalam hati kita akan saudara kita di kondisi kemajuan jaman ini?

Paulus mengingatkan jemaat di Galatia untuk tetap peka akan yang lain. Respon peka disini mempunyai tekanan pada nilai solidaritas antara sesama manusia. Sebab ada diantara mereka yang bahagia ketika saudaranya mengalami masalah dan penderitaan, sehingga firman Allah pada saat ini mengingat kepada jemaat untuk saling bertolong tolongan menanggung beban, sebab itulah hukum Kristus. Tolong menolong merupakan bagian hukum Kristus, maksudnya adalah perintah yang harus dilakukan dan diindahkan oleh pengikut Kristus. Hal ini menjelaskan bahwa manusia/jemaat tidak dapat hidup sendiri dan menyelesaikan masalah mereka sendiri tanpa bantuan atau pertolongan dari orang lain. Ketika jemaat saling tolong menolong, disanalah terlihat hukum Kristus terjadi.

Baca juga  Intip Pasar Indonesia, Protech Tawarkan Produk Ramah Difabel

Saudaraku kekasih, bila kita memahami nilai-nilai sosial kita saat ini dalam hal tolong menolong untuk membantu orang lain. Kemungkinan yang pertama masih ada, tetapi sudah tidak sekaya dulu. Dikemajuan zaman ini kita harus lebih peka dan lebih respon kepada saudara kita yang mengalami penderitaan, pergumulan dan beban hidup. Disanalah kita akan menyampaikan pertolongan kita kepada mereka melalui ajaran dari Kristus yaitu saling bertolong tolonglah kamu menanggung bebanmu. Sehebat apapun teknologi saat ini, Kasih Tuhan Yesus masih lebih hebat untuk menolong kita, semuanya itu akan terjadi apabila kita mau menjadi alatNya. Amin

HAPPY DAY

Selamat beraktivitas untuk kita semua
Salam Marturia
Pdt. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here