Jangan Menyerah

0
240

*BACAAN ALKITAB HARI INI*
2 Samuel 10:8-18

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*
Kejadian 44

*AYAT HAFALAN*
1 Timotius 4:10, Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya.

*RENUNGAN INSPIRASI*
Film Hacksaw Ridge diangkat dari kisah nyata Desmond T. Doss, seorang prajurit medis Amerika Serikat yang bertempur melawan tentara Jepang di Okinawa. Pada suatu tebing curam yang disebut dengan Hacksaw Ridge (tebing Hacksaw), pasukan Amerika Serikat mengalami kekalahan dari Jepang. Ada begitu banyak prajurit Amerika yang mati dan terluka di sana. Pemimpin pasukan memerintahkan mereka untuk mundur dan turun dari tebing curam tersebut melalui sebuah tali. Ketika pasukan yang tersisa telah mundur dan menuruni tebing, Desmond Doss tetap bertahan dan berusaha untuk menyelamatkan nyawa rekan-rekannya sebanyak mungkin. Dalam kepungan tentara lawan dan tanpa dilengkapi senjata, Doss mengendap-endap menghampiri rekan-rekannya yang terluka satu per satu. Dengan segala daya upaya dia membawa prajurit yang terluka ke tepi tebing dan mengikatnya pada tali lalu menurunkan mereka satu per satu, hingga tangannya sendiri terluka parah akibat tergesek oleh tali. Ia berhasil menyelamatkan 75 tentara. Atas jasanya itu, Presiden Harry S. Truman menganugerahkan medali kehormatan Medal of Honor kepadanya.

Saat menghadapi situasi yang mengancam nyawa, pada umumnya orang akan melakukan salah satu dari hal ini: melarikan diri atau menyerah. Namun Desmond Doss tidak demikian. Alkitab juga mencatat kisah yang serupa, yaitu kisah tentang Yoab. Seperti Desmond T. Doss yang tidak menyerah atau menyelamatkan dirinya sendiri, Yoab juga tidak menyerah walau musuh telah mengepungnya. Bahkan di tengah-tengah kepungan musuh, ia menyusun strategi yang pada akhirnya berhasil memenangkan peperangan. Bagaimana dengan kita setelah membaca renungan ini? Sikap apa yang akan kita ambil saat berada dalam situasi yang terhimpit? Kita perlu belajar dari sosok Yoab yang tidak menyerah walau di tengah kesulitan sekalipun. Kita harus memiliki semangat pantang menyerah dan mengerahkan seluruh kemampuan kita. Kesulitan apa yang hari-hari ini membuat Anda ingin melarikan diri atau menyerah? Tetap semangat dan jangan menyerah. *Tenangkanlah hati Anda dan berdoalah kepada Tuhan. Jangan biarkan kesulitan menguasai pikiran dan hati Anda, percayalah Tuhan pasti memberikan kekuatan agar Anda dapat mengatasi semuanya.* (EK)

Baca juga  PERDULI AKAN KEBUTUHAN ORANG LAIN

*REFLEKSI DIRI*
1. Bagaimana cara Anda menghadapi persoalan hidup selama ini?
2. Sudahkah Anda berhasil menaklukkan kesulitan-kesulitan yang Anda hadapi?

*POKOK DOA*
Bapa di sorga, ajarku untuk selalu bersandar pada kekuatan-Mu. Aku mau belajar untuk tidak musah menyerah dan terus melatih diriku untuk menaklukkan setiap kesulitan yang kuhadapi bersama dengan Engkau. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

*YANG HARUS DILAKUKAN*
*Milikilah sikap pantang menyerah dan hati yang selalu mengandalkan Tuhan di dalam diri Anda. Sekalipun jalan seakan sudah tertutup, Tuhan mampu membuka jalan bagi Anda.*

*HIKMAT HARI INI*
*Turunlah ke medan pertempuran. Katakan pada jiwamu, “Berjuanglah! Menangkan dirimu!”*

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here