MEMBACA KITAB SUCI SEJAK DINI

0
516

Oleh: Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak

2 Timotius 3:15
Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

Setiap orang Kristen dituntut untuk membaca Kitab Suci setiap hari, setidak-tidaknya setiap pagi sebagai bahan renungan saat teduh. Apakah Saudara membaca Kitab Suci setiap hari?

Ada banyak orang yang memberikan alasan dan berkata tidak sempat baca Kitab Suci (alkitab). Ada juga diantara kita yang berkata sangat sulit menyediakan waktu untuk membaca Alkitab dan berdoa bersama.

Jangan-jangan saudara termasuk orang yang malas membaca Alkitab? Lamanya seseorang menjadi orang Kristen tidak dapat dikaitkan dengan tingkat kerajinannya untuk membaca Alkitab.

Untuk membaca Alkitab dituntut kesungguhan hati dan disiplin yang tinggi dari diri sendiri. Bahkan tidak sedikit orang Kristen yang hanya untuk menemukan ayatnya saja harus melihat indeks karena tidak tahu urut-urutan nama-nama Kitab yang terdapat dalam Alkitab.

Tidak demikian halnya dengan Timotius, Paulus mau dan berani mengangkat Timotius untuk menjadi pemimpin sebuah gereja karena Paulus tahu bahwa sejak kecil Timotius sudah mulai membaca Kitab Suci. Untuk mau melatih diri sejak dini, tentu harus lebih dahulu memahami bahwa Kitab Suci dapat memberi hikmat dan menuntun seseorang untuk memperoleh keselamatan dengan beriman kepada Kristus Yesus.

Karena Timotius telah melatih diri sejak kecil untuk membaca Alkitab, maka baginya adalah sebuah kerugian besar jika ia tidak membaca Kitab Suci setiap hari. Mengapa? Karena dengan membaca Kitab Suci Timotius yakin ia semakin diarahkan untuk memperoleh hikmat dan keselamatan yang dari Yesus.

Jika kita menyadari bahwa Alkitab itu bukan buku biasa, namun di dalamnya terkandung isi hati, kehendak, rencana, jalan yang indah dan janji-janji Allah, maka kita akan terdorong untuk mau rajin membaca Alkitab. Itu pula yang membuat Allah memerintahkan kepada Yosua: Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung (Yosua 1:8).

Baca juga  GEREJA 57 SEN

Jika dikatakan bahwa Alkitab itu memberi hikmat dan menuntun kita kepada keselamatan, karena Alkitab berisikan ajaran dan petunjuk Allah yang bertujuan untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran (16). Jika kita membaca Alkitab dengan hati yang tulus, maka Roh Kudus akan memantapkan langkah hidup kita kepada jalan kebenaran Allah.

Marilah kita melatih diri kita untuk membuat diri kita sebagai orang yang selalu rindu untuk membaca Kitab Suci, karena kita tahu bahwa dibalik kerinduan kita itu ada hikmat besar serta keselamatan yang dari Yesus buat kita semua, amen.

SELAMAT PAGI
DAN
SELAMAT BERAKTIFITAS
(Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak-TIP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here