TUHAN INGIN MENUNJUKKAN KEKUATAN-NYA, KEMASYHURAN-NYA DAN KASIH SAYANG-NYA KEPADA UMAT-NYA DI SELURUH BUM

0
275

 

Oleh: Christian T

*Renungan BGA ( Baca Gali Alkitab )*

*Keluaran 9:1-35*

_*akan tetapi inilah sebabnya Aku membiarkan engkau hidup, yakni supaya memperlihatkan kepadamu kekuatan-Ku, dan supaya nama-Ku dimasyhurkan di seluruh bumi (16)*_

*Syallom, sahabat-sahabat setia pembaca BGA yang terkasih dalam Kristus Yesus,* pembacaan kali ini adalah tulah yang ketujuh, yakni turunnya hujan es yang maha dahsyat yang belum pernah terjadi di Mesir yang akan menimpa siapapun dan apapun yang berada di luar rumah akan tewas tertimpa olehnya, kecuali tanah Gosyen dimana umat Israel tinggal diluputkan-Nya. Hukuman ini diturunkan bukan dilandasi oleh kebencian Allah kepada Fir’aun dan orang Mesir, tetapi karena kekerasan hatinya untuk tidak membiarkan orang Israel pergi beribadah di padang gurun. Namun Tuhan juga menunjukkan kasih-Nya kepada umat Israel dengan terluputnya tanah Goseyen dari tulah ini.

*Sahabat-sahabat yang terkasih dalam Yesus,* sebenarnya Tuhan bisa saja membunuh Firaun ketika tulah sampar menimpanya dan bangsanya, namun itu tidak dilakukannya karena Tuhan bertujuan untuk menunjukkan kekuatan-Nya dan kemahsyuran-Nya di seluruh bumi (15-16). Selain daripada itu Tuhan juga ingin menunjukkan kasih sayang Nya kepada orang-orang Israel yang ditindas oleh mereka dengan meluputkannya dari bencana demi bencana.

*Sobat yang terkasih,* mungkin kita banyak melihat orang-orang yang berbuat jahat, berbuat dosa, dengan melakukan ketidakadilan dengan menindas orang yang lemah, dan mereka yang menindas dan menganiaya orang-orang Kristen dan Tuhan membiarkan mereka tetap hidup dan bahkan hidup dalam kelimpahan materi yang luar biasa. Kita melihat dan merasakan sebuah negara atau pemerintahan, sebuah kelompok masyarakat yang berbuat sewenang-wenang terhadap gereja Tuhan dan mereka terluput dari bencana.

*Sobat,* kiranya melalui perenungan BGA kali ini kita dapat memetik pelajaran bahwa memang kadang Tuhan membiarkan mereka tetap hidup, terluput dari bencana dan bahkan masih hidup dalam kelimpahan materi, serta bagi para penguasa lalim masih tetap berkuasa adalah untuk menunjukkan kekuatan-Nya dan kemasyuhran-Nya di seluruh bumi melalui perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dan dahsyat, serta memberikan suatu kesaksian bahwa Tuhan itu baik kepada umat dan pengikut-pengikut Nya.

_*Mazmur 91:7-11 (TB)*_
_*7 Walau seribu orang rebah di sisimu, dan sepuluh ribu di sebelah kananmu, tetapi itu tidak akan menimpamu.*_
_*8 Engkau hanya menontonnya dengan matamu sendiri dan melihat pembalasan terhadap orang-orang fasik.*_
_*9 Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, Yang Mahatinggi telah kaubuat tempat perteduhanmu,*_
_*10 malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu;*_
_*11 sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.*_

*Soli Deo Gloria*

Tuhan Yesus memberkati.

Salam dan doa
Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here