Jangan Jadi Hamba Uang

0
414

 

Oleh: DR.DR.STEFANUS WIJI SURATNO SE

 

Ibrani 13:5-8 (TB) Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: “Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?”
Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka.
Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.

Kondisi jaman sekarang rasanya setiap manusia butuh uang. Tanpa uang rasanya hidup menjadi berat, pusing dan tidak sedikit orang yang mengalami stress bahkan ada yang gila dan tidak sedikit yang bunuh diri. Perkataan orang-orang Jakarta, tak ada yang gratis semua harus bayar, kencing saja bayar. Mau jalan-jalan ke mall harus keluar uang minimal uang transport dan beli makan minum, mau dirumah saja juga harus keluar uang yaitu bayar listrik.

Tuhan Yesus sudah jauh-jauh hari mengatakan bahwa kamu jangan menduakan Allah dan Mamon. ( Matius 6 : 24 ). Mengapa Tuhan Yesus memberikan pernyataan demikian? Karena manusia selama hidup untuk bertahan dia perlu uang sehingga bisa menjadi pesaing Allah. Sepertinya ibarat Tuhan adalah yang berkuasa di Sorga dan Uang yang berkuasa dibumi. Siapa saja yang punya uang bisa berbuat apa saja . Dengan uang mereka bisa merubah yang salah menjadi benar dan yang benar menjadi salah kecuali kalau sudah sekarat menjelang ajal baru sadar bahwa uang bukan segalanya dan tidak bisa dibawa mati.

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

I Timotius 6 : 10 Akar segala kejahatan adalah cinta uang. Karena memburu uang banyak orang menyimpang dalam kehidupannya yang pada akhirnya jatuh dalam berbagai duka. Tua muda , kaya miskin, tidak sedikit yang jatuh dalam pelanggaran Firman Allah bahkan tidak sedikit hamba-hamba Allah yang terpilih pun bisa jatuh kedalam berbagai pencobaan karena cinta uang. Dosa akan cinta uang ini menjalar kesemua orang. Kita bisa menyaksikan setiap hari banyak orang yang masuk penjara dan ditangkap polisi karena memburu uang dengan jalan pintas. Entah sebagai pencuri, pencopet, perampok, penipuan, korupsi, pelacuran bahkan kejahatan narkoba dan lain-lainnya karena kebutuhan akan uang.

Memang kita butuh uang tapi Tuhan Yesus mengingatkan kepada kita sebagai umat yang beriman untuk JANGAN TAKUT. Karena Allah tahu apa yang kita perlukan dan butuhkan. Dia tak akan sekali kali meninggalkan kita. Lihat burung pipit, bunga bakung di padang bahkan rumput yang hanya hidupnya sehari saja diperhatikan oleh Tuhan.

Apalagi kita adalah ciptaanNya tak akan dibiarkanNya. ( Matius 6 : 25-34 ). JANGAN KUATIR , Allah yang Maha Memelihara akan mencukupimu bahkan sebelum kamu berdoapun Allah tahu apa yang kau perlukan. Percayalah kepada Allah dan minta maka Allah akan memberikan kepadamu, carilah maka kau akan mendapat dan ketoklah pintu maka pintu akan dibukakan bagimu ( Matius 7 :7 ). ALLAH Kita dari dulu, sekarang dan selamanya tetap sama dan menjadi penolong kita dan dalam kesesakan sangat terbukti. Marilah semua yg letih lesu dan berbeban berat datanglah kepada Tuhan maka Dia akan memberi kelegaan kepada kita ( Matius 11 : 28-30 ). Jadi jangan kuatir dan takut akan uang Dialah sumber segala berkat akan membukakan pintu2 berkat kepadamu apabila kamu tekun dan setia menjalankan segala perintah2 Allah.

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

Kesimpulan dan Doa :
Tuhan Yesus berkati dan cukupilah setiap orang yang membaca, merenungkan dan menjalankan perintah-perintahMu hari ini Kau curahkan berkat-berkatMu dan Kau limpahkan dengan berlimpah karena Engkau adalah penolong hidup kami, dan tidak Engkau biarkan jatuh dalam berbagai pencobaan dan Engkau angkat dari lembah kekelaman. AMIN.

SALAM KASIH
DR.DR.STEFANUS WIJI SURATNO SE MM PHD.
0Dosen Program Pasca Sarjana Universitas Katolik Parahiyangan , Universitas Persada Indonesia YAI dan LIKMI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here