MEMBERITAKAN INJIL: SUATU KEHARUSAN. 

0
1009

Oleh:  Pdt Martunas P. Manullang

Selamat malam dan salam damai sejahtera bagi kita semua. 

Itulah satu hal yang diungkapkan pada ayat renungan hari ini. Selengkapnya berbunyi sbb: “Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil” (1 Kor. 9:16).

Bagi Paulus, memberitakan Injil adalah suatu “keharusan”. Artinya, tidak bisa “tidak”.

Dan memberitakan Injil itu dia lakukan, bukan atas kehendaknya sendiri, tetapi karena Tuhan yang memberi atau “menanggungkan” kepadanya untuk melakukan “pemberitaan Injil”. Ia tidak memilih tugas itu, tetapi Tuhanlah yang menugaskannya.

Tidak ada niatnya untuk cari uang dengan cara memberitakan Injil itu, walaupun ia tahu, bahwa seorang yang memberitakan Injil, tidak salah kalau ia ada menerima biaya hidup yang dibutuhkan untuk “biaya operasional” agar pelaksanaan pemberitaan Injil yang ditugaskan pada seseorang itu dapat dilakukan dan berjalan dengan baik (1 Kor.9:11-14).

Pertanyaannya sekarang adalah:

1. Sudahkan kita memberitakan Injil?

2. Atas dasar apa kita memberitakan Injil?

3. Apa motivasi kita dalam memberitakan Injil?

Hal ini kiranya msnjadi pertanyaan dan pergumulan bagi setiap orang percaya, di saat dia mulai mengembangan pelayanan dan kesaksiannya sebagai individu orang Kristen.

Kalau ayat renungan hari ini jita bandingkan dengan 2 Tim. 4:1-5, maka akan semakin jelaslah penekanan terhadap perlunya memberitakan Injil.

Dikatakan :  “Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik wajtunya….” ( 2 Tim. 4:2).

Atau jika kita baca 2 Tim 4: 5, di sana dimkatakan :  “Kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberitaan Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu.”

Oleh karena itu, bagi kita yg hidup di zaman ini, hendaklah melakukan tugas ini dengan sukacita dan setia.

Satu hal yang dapat kita lakukan setiap hari,  adalah bersaksi dan melayani melalui kata dan perbuatan, walau amat sederhana.

Selamat beraktivitas di hari ini. Tuhan Yesus memberkati.

AMIN.

Pdt Martunas P. Manullang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here