Tekunlah dalam Berdoa

0
312

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

1 Samuel 1:9-20

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

Kejadian 18

*AYAT HAFALAN*

Kolose 4:2, Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur.

*RENUNGAN INSPIRASI*

John Welch adalah seorang pendoa luar biasa yang melayani Tuhan di Skotlandia selama masa-masa sulit. Baginya, satu hari akan terbuang percuma jika tidak menghabiskan tujuh sampai delapan jam untuk berdoa. Welch sering terbangun di malam hari untuk berdoa. Ketika ditanya oleh istrinya mengapa dia berdoa begitu lama, dia menjawab bahwa Tuhan telah menempatkan 3.000 jiwa di hatinya. Setiap hari ia mendoakan satu jiwa kemudian dua jiwa hingga akhirnya ia mendoakan empat jiwa setiap hari. Ia dengan tekun mendoakan jiwa-jiwa bagi Tuhan. Jika satu hari saja terlewatkan tanpa mendoakan empat jiwa, ia merasa sangat hampa. Bagi John Welch, melayani Tuhan memang penting tetapi kehidupan doa pun tidak boleh diabaikan. Hubungan pribadi dengan Tuhan setiap hari sangat penting baginya.

Dalam Alkitab, ada seseorang yang juga tekun berdoa. Orang itu adalah Hana, seorang wanita yang tidak memiliki anak. Ia bahkan sering disakiti oleh “madunya,” Penina. Namun, hal itu tidak menyurutkan keinginannya untuk terus berdoa. Dalam situasi yang sulit, ia berusaha untuk berdoa dan memohon kepada Tuhan agar diberikan seorang anak. Hingga akhirnya doa Hana dijawab Tuhan, bukan hanya satu orang anak tetapi lebih dari itu. Sebagai anak-anak Tuhan, menjalin komunikasi dengan Tuhan melalui doa sangat penting. Mungkin hari ini Anda sedang mendoaan sesuatu dan belum juga terjawab. *Jangan berhenti berdoa. Ingatlah bahwa jawaban Tuhan selalu ada tiga, “Ya”, “Tidak”, dan “Tunggu.” Karena itu, selama doa Anda belum dijawab Tuhan, tetaplah bertekun dalam doa. Berdoalah terus menerus dengan tiada henti. Juga jangan asal berdoa, tetapi berdoalah dengan sungguh-sungguh. Jadi, mulai hari ini, jangan pernah lewatkan satu hari pun tanpa membangun komunikasi dengan-Nya.*

Baca juga  Intip Pasar Indonesia, Protech Tawarkan Produk Ramah Difabel

*REFLEKSI DIRI*

1. Sudahkah Anda memiliki kehidupan doa yang teratur? Kapan terakhir kali Anda bersekutu dengan Tuhan?

2. Mengapa kita perlu melatih diri untuk tekun dalam doa?

*POKOK DOA*

Bapa di sorga, jadikanlah aku mezbah doa-Mu. Penuhi aku dengan hati yang rindu untuk selalu bersekutu dengan-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Sediakanlah waktu khusus setiap hari untuk bersekutu dengan Tuhan dalam doa.*

*HIKMAT HARI INI*

*Tekun berdoa akan melatih kita berkomunikasi semakin dekat dengan Tuhan.*

============================

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here