Menghargai Orang Lain

0
1492

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

Lukas 19:1-10

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

Kejadian 20

*AYAT HAFALAN*

1 Korintus 12:23, Dan kepada anggota-anggota tubuh yang menurut pemandangan kita kurang terhormat, kita berikan penghormatan khusus. Dan terhadap anggota-anggota kita yang tidak elok, kita berikan perhatian khusus.

*RENUNGAN INSPIRASI*

Sikap menghargai adalah jembatan penghubung untuk masuk ke dalam kehidupan orang lain. Ketika kita menaruh penghargaan kepada orang lain, kita sedang membantu orang tersebut untuk melihat keberadaannya sebagai pribadi yang berharga di mata Tuhan. Bahkan tak jarang, orang mengalami titik balik perubahan hidup karena dirinya merasa dihargai dan dihormati. Alkitab mencatat, Tuhan Yesus pernah menggunakan “jembatan penghargaan” ini untuk merubah kehidupan Zakheus, sang pemungut cukai.

Zakheus adalah seorang kaya yang tidak disukai oleh sesama orang Yahudi, karena ia dianggap sebagai alat pemerintah Romawi untuk memungut cukai dan memeras kaum sebangsanya. Namun Yesus tidak memedulikan stigma buruk Zakheus di tengah masyarakat, Ia memandang Zakheus sebagai pribadi yang berharga. Ia menyapa Zakheus dengan menyebut namanya, bahkan Yesus mau datang dan makan di rumahnya. Perlakuan Yesus ini bukan hanya membuat Zakheus merasa dihargai, namun Zakheus juga mengalami perubahan hidup yang luar biasa. Dari seorang pemungut cukai menjadi orang yang murah hati, bahkan mau mengembalikan 4 kali lipat kepada orang yang pernah diperasnya. Sikap menghargai ini seringkali kita lupakan dalam membangun hubungan dengan orang lain. Kita ingin suami/isteri berubah dari sikap buruknya, namun kita tidak pernah memberikan pujian atau penghargaan. Kita ingin usaha/pekerjaan mengalami kemajuan, namun lupa untuk menghargai/mengapresiasi konsumen atau karyawan kita. Sesungguhnya tak jarang Tuhan mengirimkan jawaban doa kita melalui orang lain, misalnya teman di dalam komunitas CORE, rekan-rekan di kantor, sahabat lama atau mungkin seorang yang baru Anda kenal. Namun, karena kita gagal menghargai mereka, maka jawaban doa dari Tuhan pun harus tertunda.

Baca juga  MENYEMBAH TUHAN DALAM ROH DAN KEBENARAN

Mulai hari ini, *belajarlah untuk menghargai orang lain, karena sesungguhnya setiap pribadi itu berharga di mata Tuhan, maka sudah sepantasnya kita pun menghargai setiap orang yang ada di sekeliling kita. Percayalah, akan ada hal-hal baik yang terjadi ketika Anda mau menghargai orang lain.* (FD)

*REFLEKSI DIRI*

1. Apa yang dapat terjadi ketika kita mulai belajar menghargai orang lain?

2. Komitmen apa yang ingin Anda ambil untuk mulai menghargai orang lain?

*POKOK DOA*

Bapa di sorga, ajar aku menjadi orang yang bijaksana dalam Bapa di sorga, ajar aku untuk menjadi pribadi yang dapat menghargai orang lain dimana pun aku berada. Aku percaya akan ada sesuatu yang baik terjadi saat aku menghargai orang lain. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Latihlah diri Anda untuk terbiasa menghargai lain, mulai dari menghormati dan menghargai orang yang ada di dekat Anda.*

*HIKMAT HARI INI*

*What you honor or you respect will attract, what you don’t respect and honor will leave you.*

============================

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here