*ALLAH TIDAK LUPA DAN TIDAK AKAN PERNAH LUPA AKAN JANJI-NYA !*

0
442

Oleh: Christian T

*Renungan BGA ( Baca Gali Alkitab)

*Keluaran 2:23-4:17*

_*”Allah mendengar mereka mengerang, lalu Ia mengingat kepada perjanjian-Nya dengan Abraham, Ishak dan Yakub” ( Kel 2:24 )

*Syallom, sahabat-sahabat setia pembaca BGA yang terkasih dalam Kristus Yesus*, dalam perenungan BGA kali kita akan mendapat kekuatan dan penghiburan bahwa Allah yang kita percaya dalam nama Yesus Kristus adalah Allah yang tidak pelupa atau yang lalai akan janji-Nya, sekalipun ada yang menganggapnya sebaliknya tatkala sedang menghadapi masalah yang sangat amat berat.

Dalam pembacaan BGA ini, kita dapati bahwa orang Israel mengeluh, berseru-seru, berteriak minta tolong kepada Allah karena beratnya tekanan yang berat sebagai budak lama setelah raja Mesir itu mati (2:23). Lalu Allah mendengar doa mereka dan mengingat akan janji-Nya kepada Abraham,Ishak dan Yakub, serta memperhatikan mereka (2:24-25).

Pertolongan Allah datang tepat waktunya sesuai kedaulatan-Nya dan belas kasih-Nya, yakni memanggil Musa untuk memimpin bangsanya keluar dari Mesir, dari kesengsaraan perbudakan dan kembali ke Tanah Perjanjian, Kanaan ( Palestina ). Allah menampakkan diri kepadanya di semak belukar yang menyala di gunung Horeb dan memperkenalkan diri-Nya sebagai Aku adalah Aku ( YHVH ), artinya Allah hadir dengan bertindak. Dan Allah meneguhkan panggilan itu (3:1-22). Allah menyertai Musa dengan tongkatnya yang berkuasa melakukan mukjizat di hadapan orang Israel, orang Mesir dan khususnya Firaun, juga didampingi oleh Harun kakaknya sebagai juru bicaranya (4:1-17).

*Sahaba-sahabatku yang terkasih dalam Yesus,* kisah dalam peristiwa yang tercatat dalam Kitab Pentateukh ini merupakan titik awal sejarah perjalanan suatu bangsa yang dipimpin oleh seorang nabi, bernama Musa ini dengan sepuluh hukum Allah dan peraturan-peraturan, serta ketetapan-ketatapannya yang termaktub dalam Hukum Taurat yang dikenal dan dipegang oleh tiga agama besar Semit ini

Baca juga  DUNIA TERANCAM RESESI

Peristiwa ini selalu dikenang oleh umat Israel dan umat Nasrani bahwa TUHAN Allah ( JEHOVA Elohim ) adalah TUHAN Yang Maha Kasih dan Setia adanya dan juga TUHAN Yang Maha Adil dan Maha Kuasa. TUHAN yang tidak lupa dan tidak akan lupa kepada umat pilihan dan kesayangannya, sekalipun umat-Nya itu seringkali memberontak terhadap-Nya. Namun DIA  selalu dan akan selalu mendengar dan memperhatikan akan setiap kesengsaraan, doa dan seruan minta tolong dari umat-Nya. Dan pertolongan-Nya selalu tidak terlambat  dan tidak terlalu cepat, melaibkan selalu tepat waktu.

*Sobat yang terkasih,* mungkin saat ini kita sedang mengalami masalah yang sangat berat dan seolah-olah sudah buntu atau tidak tidak ada lagi jalan keluar. Kita sudah berusaha dan berdoa sekian lama, namun tak kunjung tiba tanda-tanda kebaikan. Sakit yang tak kunjung sembuh malah tambah berat, masalah ekonomi yang belum ada pemulihan, masalah rumah tangga yang belum ada penyesaian, masalah hukum yang tak kunjung jelas, dan lain sebagainya. Ingatlah selalu akan perjalanan bangsa Israel keluar dari kesengsaraan perbudakan di Mesir dibawah kepemimpinan Musa ini dan tanda-tanda ajaib atau mukjizat-mukjizat yang Allah perlihatkan melalui Musa ini. Dan pertolongan TUHAN selalu tepat waktu dan indah pada akhirnya.

*Sobat,* yang penting dan harus selalu diingat bahwa yang dituntut dari kita adalah kesetiaan kita kepada NYA dan selalu berpegang teguh pada janji-janji-Nya yang selalu digenapi. Ingatlah selalu akan kebaikan-kebaikan-Nya, yang terutama adalah kita telah dibebaskan dari perbudakan dosa oleh penebusan Tuhan Yesus di atas kayu salib, dikudususkan oleh darah-Nya menjadi orang benar dan umat kesayangan-Nya, dan juga kebaikan-kebaikan-Nya yang kita rasakan dan alami sepanjang hari sejak dulu, sekarang dan sampai selama-lamanya.

Baca juga  Intip Pasar Indonesia, Protech Tawarkan Produk Ramah Difabel

_*2 Petrus 3:9 (TB)*_

_*Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.*_

_*Pengkhotbah 3:11b (TB)*_

_*Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka.*_

Tuhan Yesus menolong dan memberkati kita semua, umat pilihan dan kesayangan-Nya !

Salam dan doa

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here