BERSUKACITALAH DALAM TUHAN

0
275

Oleh:  Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak

Filipi 4:4-5

Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!

Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat!

Semua orang pasti ingin bersukacita, baik orang muda maupun orang tua. Apapun yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu ringan ataupun berat, pasti kita ingin mendapatkan kebahagiaan diakhirnya.

Sebenarnya sukacita harus dimiliki oleh setiap orang yang percaya kepada Yesus karena sesungguhnya Yesuslah sumber sukacita itu.

Hidup kita ini sebaiknya harus dalam keadaan sukacita apapun yang kita alami dan kondisi itu harus kita raih.

Dalam keadaan sakit, menderita, banyaknya tantangan atau sedang sukses dalam karier, bisnis lancar, baik ataupun buruk kita harus tetap Bersukacita. Bagaimana itu bisa terjadi? Pasti bisa terjadi kalau cukacita kita di dalam Tuhan.

Memang sukacita diinginkan oleh semua orang, dan yang pasti ada banyak orang yang bersukacita di dalam hidupnya, tetapi ingat saat kita berbahagia, apakah sukacita bersumber dari kebenaran? Ada dua macam sukacita dalam hidup ini, yaitu sukacita karena/dalam Tuhan dan sukacita karena dunia.

Lantas apa bedanya sukacita yang dari/di dalam Tuhan dan sukacita yang dari dunia?

Kalau Sukacita yang dari dunia itu sifatnya hanya sementara, sedangkan sukacita yang dari Tuhan itu bersifat Kekal/selamanya.

Jika sukacita kita karena uang, pangkat, harta, kepintaran, dan lainnya, maka itu adalah sukacita karena dunia, itu sifatnya sementara karena uang bisa habis, pangkat bisa turun dan suatu saat itu bisa mengecewakan. Sukacita yang dari Tuhan adalah sukacita yang membuat kita bahagia karena selalu berpikir positif, selalu melupakan hal yang tidak baik, selalu mengingat perbuatan yang baik Tuhan bagi Kita.

Baca juga  FIRMAN YANG MENJADI MANUSIA

Jika selalu bersukacita, maka kita akan selalu memiliki semangat hidup, jika kita memiliki semangat hidup, maka karakter kita akan semakin terbentuk menjadi kuat dan hebat. Jika karakter kita kuat dan hebat, maka kita akan dibuatnya selalu bahagia walau banyak tantangan yang kita hadapi.

Kebahagiaan atau Sukacita juga menjadi salah satu cara pola hidup sehat, karena hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang  (Amsal 17:22). Salah satu cara supaya kita selalu bahagia adalah jangan “pelit” bersenyum.

Untuk itu ayuk!!!  tebarkanlah selalu senyummu kepada banyak orang, agar dimanapun engkau berada, maka suasanamupun akan menjadi tentram, aman, senang dan nyaman.

Hati yang selalu  bersukacita dalam Tuhan akan membangkitkan dan menumbuhkan semangat hidup kita, amen.

SELAMAT SIANG

DAN

SELAMAT MELANJUTKAN AKTIFITAS

(Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak-Jkt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here