Berbahagialah yang Miskin dihadapan Allah

0
262

OLEH:  DR. DR. LIE STEFANUS WIJI SURATNO SE MM

Matius 5:3-4 (TB)  “Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.

Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.

Khotbah di bukit yang singkat namun jelas ini disampaikan Tuhan kepada murid-muridNya waktu itu dan juga untuk kita saat ini.

Kata miskin disini bukan miskin karena tidak punya uang dan harta. Namun miskin disini adalah miskin di dalam roh dalam bahasa Inggris poor in spirit. Artinya orang yang terus mengejar dipenuhi Roh Kudus. Bila kita mengejar terus penyempurnaan rohani maka roh akan memenuhi hidup kita dan kita akan dikuasai oleh Roh.

Dampak dikuasai oleh Roh yaitu Galatia 5 : 22-23. Orang yang dikuasai oleh Roh maka akan memiliki buah-buah Roh. Dia sudah tidak mengejar hal-hal duniawi. Keinginan daging sudah dijauhkan darinya. Nah orang yang demikian yang dimaksud orang yang miskin dihadapan Allah dan merekalah yang empunya kerajaan Sorga. Mari kita kejar hal hal yang rohani maka Allah akan memberikan sukacita yang penuh.

Pada tahun ini Allah akan memberikan penghiburan pada yang berdukacita. Karena tahun ini adalah tahun lawatan Tuhan kepada umatNya yang selalu mengejar kesempurnaan rohani ( Yesaya 61 : 2:). Bila tahun ini adalah tahun rahmat Tuhan maka peganglah semua perintah-perintah Allah. Maka Allah sumber damai sejahtera kita akan melimpahkan segala kebutuhanmu. Allah juga memberikan Tahun Yobel untukmu. DibebaskanNya hutang-hutangmu dan dilimpahkan berkat sorgawi untukmu sehingga engkau akan bahagia selalu.

Tuhan Yesus memberikan khotbah ini dibukit agar murid-muridNya terus mengejar hal-hal yang rohani dan mematikan hal-hal yang duniawi untuk terus memiliki buah-buah Roh. Semoga perkataan Tuhan Yesus yang singkat ini terus memotivasi kita untuk mengejar penyempurnaan rohani.

Baca juga  CARILAH TUHAN MAKA KAMU AKAN HIDUP

Kesimpulan dan Doa :

Tuhan Yesus berikanlah kami hati yang terus mengejar kesempurnaan rohani sehingga kami layak untuk menjadi Warga Sorga. ( Filipi 3 : 20 )

Salam kasih

DR. DR. LIE STEFANUS WIJI SURATNO SE MM

DOSEN PROGRAM DOKTOR THEOLOGY AND MINISTRY

HARVEST INTERNATIONAL THEOLOGICAL SEMINARY.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here