PEMUDA KRISTEN DAN HATI YANG MURNI

0
545

Oleh:  Pdt.L.H.M.Simanjuntak

2 Timotius 2:22

Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni.

Masa depan bangsa ada di tangan Pemuda karena Pemuda adalah tulang punggung bangsa;  ibarat lomba lari estafet, maka tongkat estafet kepemimpinan bangsa kita ada di tangan mereka.  Dalam konteks kehidupan bergereja, para Pemuda juga sering disebut sebagai bunga-bunga Gereja yang berarti tanpa Pemuda gereja sama saja akan berakhir.

Bunga mengibaratkan  bahwa pemuda akan membuat suasana gereja indah dan hidup. Itu sebabnya hampir semua Gereja pasti memberikan perhatian khusus kepada kategorial Pemuda.

Tak jarang Gereja menyebut bahwa para Pemuda adalah asset Gereja yang berharga, karena kepengurusan Gereja atau kelanjutan pelayanannya Gereja  selanjutnya ada di tangan mereka. Untuk itulah di banyak Gereja melakukan berbagai model ibadah yang diperuntukkan bagi para Pemuda agar ibadah itu menyajikan daya tarik tersendiri bagi para Pemuda.

Para Pemuda cenderung mengikuti perkembangan teknologi yang, sehingga jika Gereja tidak memperhatikan mereka, maka mereka lebih suka berada di luar Gereja ketimbang di dalam gereja. Jika gereja tidak sanggup untuk memberikan pelayanan yang dapat menarik hati para Pemuda, maka mereka akan pergi untuk mengikuti ajakan teman untuk menikmati keindahan dunia luar.

Jika ini terjadi, maka bahaya sedang mengancam para Pemuda Kristen. Ada banyak kasus-kasus kriminal yang melibatkan anak-anak muda:  mulai dari tawuran antarpelajar, geng motor, mengkonsumsi narkoba, dan pergaulan bebas. Semua itu dimulai dari lingkungan, teman dan kemudian semakin meluas dan berkembang besar. Alkitab jelas menyatakan,  “Janganlah kamu sesat:  Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Mari para orangtua, jemaat Gereja dan majelis gereja untuk memberikan perhatian khusus kepada para Pemuda Gereja dengan menghidupakan semua kegiatan mereka di tengah Gereja, terlebih lagi mau memberikan anggaran yang cukup untuk pelaksanaan program kerja tahunan mereka di tengah Gereja. Biar bagaimanapun

Iblis akan terus bekerja dan berusaha untuk merusak kehidupan para Pemuda karena usia muda adalah usia yang sangat rawan dan mudah terpengaruh oleh berbagai jenis kejahatan.

Hai para Pemuda Gereja, jadilah sebagai Pemuda Kristen yang memiliki hati yang murni tanpa mau dipengaruhi oleh perkembangan zaman atau teknologi yang dapat merusak kehidupan. Hai para orangtua berikanlah selalu waktumu untuk berkomunikasi dengan anak-anak muda sambil memberikan nasihat bahwa kehidupan ini tiada arti jika hidup tidak bersama Allah, amen.

SELAMAT MALAM DAN SELAMAT BERISTIRAHAT

(Pdt.L.H.M.Simanjuntak-Jkt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here