ADA KUASA DALAM NAMA YESUS

0
1119

Oleh:  Christian T

*Renungan BGA ( Baca Gali Alkitab )*

*Kisah Para Rasul 19:13-20*

_*Kisah Para Rasul 19:15 (TB)  Tetapi roh jahat itu menjawab: “Yesus aku kenal, dan Paulus aku ketahui, tetapi kamu, siapakah kamu?”*_

*Syallom, sahabat-sahabat setia pembaca BGA yang terkasih dalam Kristus Yesus,* apakah arti sebuah nama ? Menurut William Shakespear, seorang pujangga Inggris : Pentingnya seseorang atau sesuatu adalah bukan karena apa namanya. Sederhananya, itu berarti nama-nama benda tidak dapat mempengaruhi apa sebenarnya mereka. Hal itu menunjukkan bahwa nama hanyalah label untuk membedakan satu hal dari yang lain. Itu tidak memiliki nilai, atau memberi arti yang sebenarnya. Hanya seorang individu atau sesuatu yang memiliki nilai ketika layak mendapatkannya; misalnya, bahkan jika kita menyebut mawar dengan nama yang sama sekali berbeda, baunya sama dengan namanya “mawar.” Demikian juga, Juliet menghubungkan ini dengan Romeo, bahwa namanya hanya label, dan bahwa ia akan tetap sama untuknya.

*Sahabat-sahabat yang terkasih dalam Yesus,* bagaimana dengan nama Yesus ? Apakah nama Yesus hanyalah sebuah nama yang hanya menunjukkan label atau identitas saja ? Apakah nama Yesus sama seperti nama-nama orang pada umumnya yang tidak berarti apa-apa atau tidak memiliki pengaruh atau jikalau pun ada pengaruhnya adalah sama seperti nama-nama kebanyakan dalam tokoh sejarah dan setelah itu hanya tinggal legenda saja ?

Namun *sobat,* dalam pembacaan BGA pada perikop kali ini, kita melihat bahwa nama Yesus bukanlah sembarang nama atau hanya sebuah nama seperti tokoh-tokoh dalam cerita atau dalam sejarah saja. Nama Yesus dipakai oleh Paulus dan para rasul lainnya ketika melakukan mukjizat seperti ; mukjizat kesembuhan, pengusiran roh jahat, belenggu penjara dilepaskan, dan orang dibangkitkan hidupnya dari maut, dan lain sebagainya.

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

Dalam kisah pada perikop ini, anak-anak Skewa yang berjumlah tujuh orang itu melakukan praktek  klenis atau perdukunan. Mereka mengusir roh jahat yang merasuk seseorang dengan memanfaatkan nama Yesus, namun yang terjadi bukannya roh jahat itu keluar dan pergi malah roh jahat itu memperluasnya dengan menelanjangi mereka. Roh jahat itu mengenal nama Paulus dan nama Yesus, tetapi tak mengenal mereka. Akibatnya nama Yesus semakin termasyur dan banyak yang bertobat menerima-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat.

*Sobat*, marilah kita terus mengagungkan dan memasyhurkan nama Yesus melalui kata dan perbuatan. Hanya orang yang sudah ditebus oleh darah Kristus dan yang hidup suci dan saleh yang berhak menyebut dan menggunakan nama Nya dalam pelayanan.

_*Matius 18:20 (TB)*&

_*Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.”*_

_*Yohanes 17:12 (TB)*_ _*Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.*_

*_Matius 28:18 (TB)*_

_*Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.*_

Tuhan Yesus memberkati.

Salam dan doa.

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here