MENGANDALKAN TUHAN DI ATAS SEGALANYA

0
2993

Baca: Yeremia 17:5-8

“Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!”

(Yeremia 17:7)

_Setiap orang yang mengikut Kristus dan percaya kepada-Nya selain disebut Kristian juga disebut orang percaya. Walaupun dikatakan sebagai orang yang percaya kepada Tuhan,_ _*masih banyak yang tidak benar-benar percaya kepada-Nya.*_

“Apa buktinya?*_ _Mereka tidak bergantung penuh kepada Tuhan dan mengandalkan Dia._ _*Sebaliknya mereka cenderung mengandalkan kekuatan sendiri dan juga manusia.*

Apa kata Alkitab?

“Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!”*_ _*(ayat 5)*.

Ada akibat yang sangat mengerikan jika seseorang lebih mengandalkan manusia dan kekuatannya sendiri, bukan hanya tidak mendatangkan berkat, melainkan akan mendatangkan kutuk.

Dalam kehidupan ini seringkali ada orang yang mengandalkan orang-orang kaya yang diharapkan dapat memberikan pertolongan. Sementara ada pula orang yang lebih mengandalkan kekayaan, jawatan, pangkat, gelaran, popularitas dan sebagainya, dan yang paling diandalkan oleh manusia di zaman sekarang ini adalah uang.

*Siapakah orang yang tidak memerlukan  uang?* Mereka mengandalkan uang, tabungan atau deposit yang disimpan di bank, yang diharapkan dapat memberikan rasa aman, tenang dan juga jaminan bagi masa depannya.

Mereka pun menempatkan uang sebagai segala-galanya dalam hidupnya.

Benarkah uang dapat menjadi sandaran hidup ini? Adalah sia-sia jika kita mempercayakan diri kepada uang maupun kekayaan, kerana cepat atau lambat kita akan jatuh

“Siapa mempercayakan diri kepada kekayaannya akan jatuh; tetapi orang benar akan tumbuh seperti daun muda.”

(Amsal 11:28).

Sebagai orang percaya milikilah keberanian untuk mempercayakan hidup sepenuhnya kepada Tuhan._ _*Inilah yang disebut mengandalkan Tuhan!

Jadi mengandalkan Tuhan itu harus disertai iman dan perbuatan iaitu penyerahan diri.

Iman adalah percaya bahawa Tuhan sanggup melakukan, dan mengandalkan Tuhan beerti komitmen untuk melakukan apa yang dipercayai.

Ada kebaikan yang luar biasa ketika seseorang mengandalkan Tuhan dan menaruh harapan kepada-Nya_, *yaitu diberkati secara berlimpah dan tinggal tenang.*.

Amin Selamat malam

_*TUHAN YESUS MEMBERKATI*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here