BERLAKULAH BENAR DAN ADIL DALAM HIDUPMU

0
511

Oleh: Pdt.L.H.M.Simanjuntak

Amsal 21:3

Melakukan kebenaran dan keadilan lebih dikendalihon TUHAN dari pada korban.

Pasti kita suka jika ada orang yang melakukan keadilan dan juga kebenaran, karena umumnya semua orang pasti mencari kebenaran dan keadilan. Jika kebenaran sudah ditemukan di satu-satu tempat maka tidak sulit untuk menemukan keadilan juga di sana, sebagai orang yang suka berlaku benar pasti cenderung berlaku sdil, demikian sebaliknya orang yang suka berlaku adil, ia cenderung berlaku benar.

Apakah pernah terjadi orang yang berlaku adil belum tentu berlaku benar? Nampkanya itu kecil kemungkinan bisa taerjadi, namun demikian bisa saja terjadi di tengah kebenaran ada ketidak adilan (inipun kecil kemungkinan bisa terjadi).

Yang pasti benar dan adil itu adalah dua buah sikap yang sangat erat

bergandengan dan sangat disenangi oleh Tuhan terjadi dalam kehidupan manusia.

Tidak seperti telur dan ayam, yang saling berhubungan, banyak orang mempersoalkan telur duluh atau ayam dulu?

Nas ini bukan ingin mempertentangkan hal tersebut antara benar dan adil, mana yang lebih dulu, benar dulu kah baru adil atau adil dulu baru benar?

Dalam kehidupan orang Israel membawa persembahan pada saat beribadah adalah sebuah kewajiban, sehingga mereka berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik lewat persembahannya.

Hanya saja dalam prakteknya, mereka terjebak kepada  sebuah pemikiran seakan persembahan itu lebih penting dan lebih utama dari segalanya, kalau sudah diberikan persembahan atau kalau persembahan kita lancar, maka sudah amanlah kita di hadapan Allah.

Kitab Amsal ingin menekankan bahwa Tuhan lebih berkenan kepada orang yang melakukan kebenaran dan keadilan daripada orang yang hanya memberikan persembahan korban.

Artinya apa? Sia-sialah semua persembahanmu jika engkau tidak berlaku benar dan adil dalam hidupmu, oleh karenanya jangan pernah memisahkan kebenaran, keadilan dan persembahan, semuanya harus dilakukan secara bersamaan di dalam hidup kita.

Baca juga  CARILAH TUHAN MAKA KAMU AKAN HIDUP

Untuk itu, ayuk untuk fokus melakukan apa yang benar di hadapan Allah bukan yang benar menurutmu, amen.

SELAMAT MALAM DAN SELAMAT BERISTIRAHAT

(Pdt.L.H.M.Simanjuntak-Jkt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here