HIDUPLAH SEBAGAI ANAK TERANG

0
4928

Oleh:  Pdt.L.H.M. Simanjuntak-

(Efesus 5:1-10)

Setiap orang Kristen, kita harus hidup sebagai anak terang, mengapa demikian? Karena kita adalah anak-anak Allah.

Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan. Jadi pada Allah sama sekali tidak ada kegelapan, melulu hanya terang.

Terang itu selalu mencerminkan cahaya yang dapat menerangi lingkungan sekitarnya. Jika sebuah tempat yang gelap kemudian mendapatkan cahaya dan menjadi terang, maka segala sesuatu yang ada di tempat itu menjadi kelihatan.

Apa yang tersembunyi di tempat itu menjadi kelihatan, karena memang sesuatu yang tadinya tersimpan menjadi kelihatan. Sesuatu yang tidak baikpun akan menjadi kelihatan karena seluruh kegelapan telah berubah menjadi terang.

Kegelapan yang dimaksud adalah ketidak-baikan atau kejahatan. Itu sama artinya pada kegelapan tidak akan ada perbuatan baik, sebab sedikitpun pada kegelapan itu tidak ada terang.

Jika Paulus bersaksi dengan mengatakan: Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran, dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan.

Paulus ingin berkata kepada jemaat di Efesus bahwa mereka yang sekarang berbeda dengan mereka yang dahulu. Sebenarnya sejak mereka percaya kepada Yesus Kristus dan menjadi milikNya keadaan mereka benar-benar berubah.

Tadinya mereka suka menyimpan kebusukan dosa, namun skrg mereka lebih suka melakukan hal-hal yang baik dan benar. Tidak ada lagi yang perlu disembunyikan dan segala sesuatu serba terbuka, amen.

SELAMAT HARI MINGGU DAN SELAMAT BERIBADAH

Pdt.L.H.M. Simanjuntak-Jkt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here