TUHAN BERBELAS KASIHAN  KEPADA ORANG YANG TAAT KEPADANYA

0
374

Oleh:  Pdt.L.H.M.Simanjuntak

(Hakim-hakim 2:18b) TUHAN berbelas kasihan mendengar rintihan mereka karena orang-orang yang mendesak dan menindas mereka.

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa Negara yang maju juga  ditentukan oleh terlaksananya hukum dengan baik, artinya bahwa keadilan harus benar-benar ditegakkan jika anda ingin maju. Bangsa Israel  yang sempat memberontak terhadap Musa mencoba membuat allahnya sendiri dengan menuduh bahwa Musa adalah nabi palsu alias tidak berasal dari Allah.

Atas perilaku orang Israel yang suka memberontak dan melawan Allah itu, sehingga tak jarang terjadi kericuhan. Musapun harus turun tangan untuk mengatasi setiap terjadi persoalan di tengah bangsa  yang dipimpinnya.

Akhirnya para Hakim dibangkitkan untuk dapat mengatasi dan menyelesaikan segala persoalan atau kasus yang muncul. Tak jarang malah para Hakim mendapatkan terror atau semacam tekanan dari banyak orang.

Dalam situasi seperti itu Allah menyatakan belas kasihanNya kepada para Hakim yang merintih karena penindasan. Atau bisa saja terjadi kebalikannya justru orang Israel yang ingin mendapatkan penegakan hukum malah menjadi korban ketidakadilan para Hakim di sidang pengadilan.

Kepada mereka yang menjadi korban ketidakadilan dan bahkan menjadi korban penindasan, Allahpun akan menunjukkan belas kasihannya.

Jika Allah membangkitkan para hakim bagi orang israel, maka Allah akan menyertai hakim itu dan menyelamatkan mereka dari tangan orang jahat selama hakim itu hidup, sebab Allah berbelas kasihan mendengar rintihan mereka karena orang-orang yang mendesak dan menindas mereka.

Ayat hari ini memberikan gambaran singkat mengenai kitab Hakim-hakim secara keseluruhan. Bangsa  Israel memang kerap meninggalkan Allah dan menyembah allah lain, sehingga membuat Allah marah dan menghukum mereka.

Allah marah karena menganggap orang Israel tidak setia dan berkhianat kepada Allah. Kita diingatkan bahwa Allah itu penuh kasih, dan  menginginkan agar kita selalu setia kepadaNya.

Jangan pernah berpaling dari Allah, jika tidak ingin mendapatkan hukuman dari Allah. Tetaplah setia kepada Allah sekalipun anda merasa tertindas dan terdesak, karena Allah akan menunjukkan belas kasihannya kepadamu, amen.

SELAMAT PAGI DAN SELAMAT BERAKHIR PEKAN

(Pdt.L.H.M.Simanjuntak-Jkt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here