Perbuatan Orang Benar dan Urapan Allah.

0
502

Oleh: DR. LIE STEFANUS WIJI SURATNO PHD.

Pengkhotbah 9:8 (TB)  Biarlah selalu putih pakaianmu dan jangan tidak ada minyak di atas kepalamu.

Kitab Pengkhotbah ini ditulis oleh raja Salomo dengan hikmat yang dimilikinya banyak mengajarkan kepada kita tentang makna hidup yang sebenarnya. Sebagai raja yang diurapi Allah sangat terkenal di seluruh bumi karena hikmat yang Tuhan berikan kepadanya. Tetapi karena melanggar perintah Allah dengan menikah dengan banyak isteri yang tidak taat pada Tuhan akhirnya  hatinya dicondongkan isterinya jauh dari Tuhan. Disaat tua dia menyadari akan kesalahannya maka ditulislah nasihat-nasihat penting buat kita agar kita tidak jatuh iman kita sepertinya.

Pertama nasihat dia adalah biar selalu putih pakaianmu.

Apa yang dimaksud dengan selalu putih pakaianmu? Selalu mengenakan putih pakaianmu berarti anak-anakTuhan harus benar dan kudus perbuatannya. Seperti dalam Matius 5 : 8 Berbahagialah orang yang suci hatinya karena mereka akan melihat Allah. Jadi hanya orang yang bersih hatinya saja yang bisa melihat Allah. Bila orang sering mengatakan Allah telah berkata kepadanya tetapi hidupnya tidak bersih pasti dia telah berdusta. Karena Allah kita adalah Roh maka kita harus menyembah dalam Roh dan Kebenaran. ( Yohanes 4: 24 ).

Artinya orang yang bisa bertemu dengan Tuhan adalah orang yang hatinya bersih dan penuh dengan Roh Kudus. Jadi hendaklah kita terus menyempurnakan diri agar kita bisa bertemu dengan Tuhan face to face.

Kedua nasihat dia adalah jangan tidak ada minyak diatas kepalamu. Artinya minyak itu adalah alat yang digunakan urapan. Disini berbicara agar kita penuh dengan Roh Kudus. Seperti kehidupan jemaat awal bahwa mereka penuh dengan Roh Kudus sehingga kuasa mujizat terjadi dalam kehidupan kita. Para rasul menurut apa yang Tuhan Yesus katakan Kisah Rasul 1 : 8 kuasa Tuhan turun setelah mereka dipenuhi dengan Roh Kudus. Jadi kepenuhan Roh Kudus merupakan hal yang sangat penting buat umat Allah jaman sekarang. Dengan dipenuhi Roh Kudus baru kita dapat mengalahkan si jahat sehingga kita bisa memegang hidup benar di mata Tuhan. Jadi bukan dengan kekuatan kita , kita bisa mengalahkan keinginan daging , keinginan mata dan keangkuhan hidup tetapi kasih karunia Allah yang memenuhi setiap umatNya dengan kuasa Roh Kudus baru bisa mempertahankan dari segala ujian dan godaan si jahat. Oleh sebab itu nasihat raja salomo seperti yang dilakukan Tuhan selama ada di dunia ini yaitu Dia akan mengirimkan Roh Kebenaran yaitu Roh Kudus yang akan menginsafkan dunia dan memimpin umatNya hidup sesuai dengan perintah2 Allah.

Baca juga  Langkah Pertama Menuju Penyelesaian Konflik

Kesimpulan dan Doa :

Ya Tuhan penuhilah kami dengan Roh KudusMu agar kami bisa menjalankan seluruh perintah2Mu dengan baik dan benar.

Salam kasih

DR. LIE STEFANUS WIJI SURATNO PHD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here