Cara Memperoleh Hikmat

0
961

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

Amsal 2:1-5

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

Kejadian 2

*AYAT HAFALAN*

Amsal 2:4-5, Jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam, maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan Allah.

*RENUNGAN INSPIRASI*

Mel Fisher adalah seorang pemburu harta karun. Pada tahun 1985, setelah 16 tahun berburu, akhirnya ia menemukan bangkai kapal Spanyol Nuestra Senora de Atocha di kedalaman 17 meter dekat Key West, Florida. Para penyelam berhasil mengangkat harta karun bernilai jutaan dollar dari kapal yang tenggelam itu, tetapi hal itu tidak mudah. Mereka bekerja keras dalam waktu yang lama dengan menggunakan alat pendeteksi logam, untuk menyelidiki setiap logam yang ditemui. Akhirnya impian dan kerja keras Fisher tidaklah sia-sia dengan ditemukannya sebuah penemuan yang besar. *Dalam Alkitab dikatakan ada sejenis harta yang jauh lebih berharga daripada emas, perak, atau permata. Harta yang berharga itu bernama hikmat.*

Dalam ayat bacaan firman Tuhan hari ini, raja Salomo memberitahu kita _bagaimana cara untuk memperoleh hikmat._ *Pertama, dengan mendengar perkataan hikmat* (Amsal 2:1-2). Artinya, kita menerima firman Tuhan dan menaruhnya di dalam hati kita. Firman Tuhan yang akan menjaga kita untuk tidak berbuat dosa. Jadi mendengar dan memperhatikan, bukan hanya menjadikan firman Tuhan sebatas pengetahuan. *Kedua, mintalah pengertian* (Amsal 2:3). Maksudnya adalah, biarlah kita berdoa dengan sungguh-sungguh kepada Allah agar diberikan pengertian dan kepandaian untuk menimbang sesuatu. *Ketiga, mencari atau mengejar hikmat* (Amsal 2:4). Artinya, kita perlu usaha yang sungguh-sungguh untuk mendapatkan hikmat seperti usaha mengejar harta yang berharga. *Hari ini Anda telah mengetahui cara untuk mendapatkan hikmat. Segeralah berusaha untuk menerapkannya dalam hidup Anda.* (FD)

*REFLEKSI DIRI*

1. Apakah Anda rindu untuk memperoleh hikmat?

2. Langkah-langkah apa saja yang perlu kita tempuh untuk memperoleh hikmat?

*POKOK DOA*

Bapa di sorga, tuntunlah aku untuk dapat menemukan hikmat. Roh Kudus, berikanlah pengertian kepadaku agar aku dapat menyelami hikmat-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Terimalah firman-Nya dalam hati, berserulah kepada Tuhan dan berusahalah untuk terus belajar hal baru setiap hari.*

*HIKMAT HARI INI*

*Orang-orang yang berhikmat adalah orang-orang yang mendengar, mencari dan memintanya kepada Tuhan.*

===

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here