JANGAN EGOIS

0
2426

BACA : Yakobus 4:1-3

Dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. (Filipi 2:4)

RENUNGAN INSPIRASI

Sebuah stasiun televisi terkenal asal Amerika “Animal Planet”, pernah menayangkan hewan yang berkelahi dengan hewan sejenisnya hanya karena memperebutkan makanan. Saat itu seekor beruang baru saja keluar dari sungai dan hendak menyantap seekor ikan salmon yang ditangkapnya. Namun, sebelum beruang itu memakan hasil buruannya, tiba-tiba muncul seekor beruang lainnya dan mencoba merebut ikan itu. Beruang yang pertama tidak mau mengalah, ia memberikan perlawanan sehingga terjadilah perkelahian di antara dua beruang itu. Saat terlibat perkelahian yang seru, kedua beruang itu tidak menyadari kalau ikan salmon yang mereka tangkap sedang meronta-ronta berusaha masuk kembali ke dalam air. Ikan itu berhasil mencapai air dan pergi meninggalkan mereka yang masih berkelahi. Setelah perseteruan mereka berhenti, mereka mencari ikan itu namun sudah tidak ditemukan lagi.

Rasul Yakobus mengatakan bahwa sengketa dan pertengkaran datang dari hawa nafsu yang saling berjuang di dalam tubuh. Hawa nafsu digerakkan oleh sikap egois (selfish), hasrat untuk memenuhi/memuaskan keinginan diri sendiri. Dalam lingkungan sosial, kita berinteraksi dengan orang lain. Itu sebabnya, kita perlu menekan ego kita. Kita perlu belajar untuk memikirkan hak orang lain juga, seperti belajar menghargai pendapat mereka dan belajar untuk menerima masukan. Sebab dikatakan dalam Alkitab bahwa kita wajib memperhatikan kepentingan orang lain juga (Filipi 2:4). Karena itu, marilah mulai hari ini kita belajar untuk menghargai orang lain dengan tidak memaksakan kehendak kita. (EK)

REFLEKSI DIRI

1. Pernahkah Anda kehilangan sesuatu yang Anda inginkan hanya karena keegoisan? Apa yang dapat Anda pelajari dari hal tersebut?

2. Bagaimana keegoisan mempengaruhi kehidupan sosial Anda?

D O A

Bapa di sorga, hari ini aku belajar untuk tidak menjadi pribadi yang egois. Bentuk diriku, Tuhan. Kikislah semua keegoisan dalam diriku hingga tuntas dan berikanku hati yang mau memikirkan kepentingan orang lain. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Belajar untuk mengalah dan mengutamakan orang lain terkadang jauh lebih penting daripada mempertahankan keinginan Anda.

HIKMAT HARI INI

Seseorang disebut egois bukan karena mengejar kebaikannya sendiri, namun karena mengabaikan orang sekelilingnya. – Richard Whately

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here