SUKACITA DALAM TUHAN

0
164

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

Filipi 4:4-9

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

Wahyu 11

*AYAT HAFALAN*

Filipi 4:4, Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!

*RENUNGAN INSPIRASI*

Dalam masa pelayanan Rasul Paulus, penganiayaan dan dijebloskan ke dalam penjara merupakan peristiwa yang selalu menyertai perjalanannya. Namun, ada satu hal luar biasa yang Paulus sampaikan kepada jemaat di Filipi melalui suratnya, yaitu bersukacita. Dari dalam penjara, ia meminta jemaat yang tidak terpenjara untuk bersukacita. Dari dalam tekanan dan penganiayaan, ia mengajak jemaat di Filipi untuk bersukacita. Rasanya ini terbalik. Harusnya, jemaat di Filipi yang mengingatkan Paulus untuk bersukacita karena ia sedang berada di dalam penjara. Namun, mengapa Rasul Paulus tetap bersukacita dan mengajak orang lain untuk bersukacita? Rahasia terbesar sukacita Paulus adalah karena sukacita yang ia miliki berasal dari Tuhan.

*Pada dasarnya, sukacita yang berasal dari Tuhan tidak berpatokan pada situasi. Sukacita dari Tuhan tidak bergantung kepada hal-hal yang terjadi di sekeliling kita. Sukacita yang dari Tuhan akan terus mengalir dalam segala situasi, baik di masa sulit maupun di masa bahagia.* Sukacita seperti inilah yang harus kita miliki. Sukacita yang senantiasa membuat kita tetap memiliki pengharapan sekalipun jalan seakan tertutup.

Sukacita yang membuat kita merasa bahagia dan optimis sekalipun sedang menghadapi masa-masa yang sukar. *Sumber sukacita yang demikian hanya ada pada Tuhan.* Itu sebabnya, *penting bagi kita untuk terus membangun hubungan yang erat dengan Sang Sumber sukacita itu supaya aliran sukacita terus mengalir dalam hidup kita. Dan pada akhirnya, aliran sukacita itu juga dapat mengalir dari dalam hidup kita kepada orang lain.* (EK)

Baca juga   TINGGAL DI DALAM KRISTUS YESUS 

*REFLEKSI DIRI*

1. Hal-hal apa saja yang menjadi sumber sukacita Anda selama ini?

2. Setelah membaca firman hari ini, tindakan apa yang perlu Anda ambil untuk mendapatkan sukacita dari Tuhan?

*POKOK DOA*

Bapa di sorga, hari ini aku berkomitmen untuk selalu hidup melekat pada-Mu sebagai sumber sukacitaku. Roh Kudus, tolonglah aku supaya aku terus memelihara hubunganku dengan-Mu, sumber sukacitaku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Tempatkanlah Tuhan sebagai yang terutama di dalam hidup Anda, bangunlah hubungan yang intim dengan-Nya. Dengan demikian, maka sukacita-Nya akan mengalir berlimpah-limpah di dalam hidup Anda.*

*HIKMAT HARI INI*

*Sukacita adalah payung yang menjaga kita saat menghadapi hari-hari yang “berhujan” dalam perjalanan hidup kita. — Engstrom*

============================

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here