JANGAN MEMBALAS KEJAHATAN DENGAN KEJAHATAN TETAPI DENGAN KEBAIKAN

0
1469

Oeh: Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak

*_(1 Tesalonika 5:15)_*

_Perhatikanlah, supaya jangan ada orang yang membalas jahat dengan jahat, tetapi usahakanlah senantiasa yang baik, terhadap kamu masing-masing dan terhadap semua orang._

Ada banyak orang mungkin termasuk anda yang pernah dicurangi atau dijahati orang lain, namun ada juga banyak orang mungkin juga termasuk anda tidak mau membalas kejahatan orang lain dan lebih memilih bersikap tenang bahkan malah tetap berbuat baik bagi mereka. Pasti dunia akan mengatakan itu adalah kebodohan, sudah dijahati kok malah dibalas dengan berbuat baik?

Tergantung kepada kita sendiri, mau ikut pandangan dunia atau pandangan surgawi? Ayat hari ini dengan jelas dan tegas mengatakan kepada pengikut Yesus: Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, tetapi usahakanlah senantiasa yang baik bagi semua orang.

Bukankah Yesus juga  mengajarkan: supaya kita semua selalu berbuat baik kepada semua orang bahkan termasuk kepada orang-orang yang jahat? Jika orang lain saja menyakitimu dan menjahatimu, jangan balas dengan kejahatan dan sebaliknya berlakulah tetap baik bagi mereka, apalagi jika yang menyakitimu dan menjahatimu adalah suamimu, istrimu atau teman dekatmu, tentu tidak alasan untuk tidak tetap mengasihi dan berlaku baik bagi mereka.

Kakahkanlah  kejahatan dengan kebaikan dan kasih, pasti itu jauh lebih mudah dan membahagiakan ketimbang mengalahkan kejahatan dengan kejahatan. Orang yang mengalahkan kejahatan dengan kejahatan tidak akan pernah mengakhiri kejahatan itu sendiri. Mengapa? Sebut saja ada orang yang membunuh, kemudian salah seorang keluarga korban membalasnya dan membunuh pelaku pembunuhan itu, maka muncullah pelaku kejahatan pembunuhan yang baru.

Jika pembalasan terus dilakukan dengan kejahatan maka kejahatan terus berlanjut, namun jika kejahatan dibalas dengan kebaikan dan kasih, maka kejahatan itu cenderung akan berhenti karena telah terkalahkan oleh kasih. Doakanlah bahkan berkatilah mereka yang jahat itu, agar bertobat dan berubah menjadi orang yang baik.

Ayuk!!! Jika ada orang yang sedang bahkan sering menjahatimu atau anda memiliki musuh, jangan pernah berpikir untuk membalas dengan kejahatan apalagi sampai mendendam. Ketahuilah perbuatan pembalasan dengan kejahatan tidak akan pernah membuat kita menjadi pemenang . Kejahatan hanya dapat dikalahkan dengan kasih.

Oleh karenanya, mari janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan tetapi balaslah dengan kebaikan, maka anugerah Allah akan semakin kita rasakan, amen.

*SELAMAT PAGI*

*DAN*

*SELAMAT BERAKTIFITAS*

*_(Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak-Jkt)_*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here