JADILAH ORANG YANG RAMAH

0
335

Oleh: Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak

Titus 3:2

Janganlah mereka memfitnah, janganlah mereka bertengkar, hendaklah mereka selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang.

Baru saja Indonesia menjadi tuan rumah pelaksanaan Asian Games (18 Agustus – 02 Sept 2018), banyak pujian yang diberikan oleh para atlet yang datang dari 45  negara di Asia tersebut, ditujukan kepada orang Indonesia. Disamping pujian atas fasilitas cabang olah raganya yang sangat baik dan setara dengan fasilitas international, tapi ada pujian yang lebih enak di dengar, yaitu orang Indonesia disebut penuh dengan keramahan.

Disamping Indonesia dianggap  berhasil menjadi tuan rumah, keramahan juga ternyata merupakan faktor utama membuat para atlet bertambah bersemangat untuk mengikuti perlombaan Asian games di Indonesia. Mengapa demikian? Karena keramahan itu dianggap cerminan dari sebuah ketenangan, kedamaian  dan kenyamanan.

Memang benar selama pelaksanaan Asian Games, suasa tenang, damai dan nyaman itulah yang terjadi. Demikianlah yang dikehendaki dalam nats ini, agar kita mau berlaku ramah terhadap semua orang.

Ada banyak bangsa di dunia ini, karena mengedepankan keramahan, sehingga Negara itu banyak dikunjungi oleh wisatawan dari manca Negara. Saya jadi teringat ketika berkunjung ke Bangkok Thailand beberapa Tahun lalu bersama rombongan  dari HKBP Distrik VIII Jawa Kalimantan, begitu kami sampai di Air Port di Bangkok setiap orang dikalungi  bunga sebelum masuk ke dalam bus. Wanita cantik dengan senyumnya yang mencerminkan keramahan sambil mengalungkan bunga kepada kami masing-masing membuat kami merasa bangga untuk mengawali tamasya di Thailand.

Orang yang mau bersikap ramah tentu menunjukkan bahwa ia tidak suka dengan fitnah, tidak suka dengan pertengkaran, artinya ia hanya suka dengan pertemanan yang baik tanpa ada kepura-puraan.    Ketika kita mau masuk ke Bank, masih di pintu, security menyambut kita dengan sapaan yang penuh dengan keramahan dan berkatan selamat pagi/siang Pak atau ibu, begitu bertemu dengan pegawai bank di dalam ruangan kitapun mendapatkan sambutan yang penuh dengan keramahan. Sikap ramah mereka membuat banyak orang yang suka menabung atau menyimpan uangnya di bank tersebut karena merasa aman dan senang.

Baca juga  TUHAN, ALLAH YANG MAHA KUASA

Marilah kita untuk merindukan dan mau bersikap ramah terhadap siapa saja, dan menjauhkan sikap sombong dan egois. Sombong dan egois akan membuat kita dijauhi  orang lain termasuk yang tadinya sahat kita, Tetapi ramah dan lemah lembut akan membuat kita disukai banyak orang untuk dijadikan sahabatnya.

Pauluspun berpesan melalui Titus agar jemaat dan kita semua para pengikut Yesus yang  setia untuk selalu bersikap ramah terhadap semua orang. Ramah bukan hanya kepada sesama keluarga, sesama suku, sesama bangsa, sesama agama, atau kepada yang berlaku baik kepada kita, melainkan kepada kepada semua orang termasuk yang suka menuakiti hatimu.

Yesuspun justru semakin menunjukkan kasihNya kepada manusia disaat manusia sedang tidak peduli kepadaNya. Untuk itu, ayuk bersikap ramah kepada siapa saja, karena keramahan Yesuslah kitapun memperoleh anugerah besar dariNya, amen.

SELAMAT PAGI

DAN

SELAMAT BERAKTIFITAS

(Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak-Jkt).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here