Jangan Menyebut Nama Tuhan dengan Sembarangan!

0
278

Oleh: Stefanus Widananta

Jangan menyebut nama Tuhan, Allahmu dengan sembarangan, sebab Tuhan akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.

Ulangan 5;11

Menjelang pilpres di tahun mendatang, kita dihadapkan pada janji-janji yang bertebaran dan tidak sedikit yang memakai nama Tuhan untuk memperkuat janjinya, agar orang dapat mempercayainya.

Biasanya mereka mengatakan “demi Tuhan, saya berjanji akan melakukan ini dan itu”, namun pada hakekatnya kata-kata yang berupa janji itu menjadi bunyi-bunyian yang tak berharga dan tanpa makna.

Sudah bukan rahasia umum bahwa segera setelah seseorang memperoleh apa yang diinginkan, seketika itu jugalah semua janji itu dicampakkan bagai sepah, tetapi ironisnya, banyak orang terbuai dengan “janji gombal”.

Kita perlu menyadari bahwa semakin manis mulut seseorang, semakin tidak tulus hatinya.

Janji-janji yang dilontarkan, seringkali hanya berupa “lips service”, soal ditepati atau tidak itu soal nanti, yang penting janjikan saja dulu, alasan bisa dicari belakangan.

Menepati janji adalah kewajiban, ini meliputi baik janji yang kita buat dengan Tuhan (nazar), maupun janji yang kita buat dengan sesama manusia.

Kitab Pengkhotbah mengatakan, “kalau engkau bernazar kepada Allah, janganlah menunda-nunda menepatinya, karena Ia tidak senang kepada orang-orang bodoh, tepatilah nazarmu”.

Di bagian lain, kitab Pengkhotbah juga menuliskan, “Lebih baik engkau tidak bernazar dari pada bernazar tetapi tidak menepatinya”

Dalam pelayanan, kita juga menyaksikan, berapa banyak anak-anak Tuhan, yang pada awalnya berkomitmen untuk melayani Tuhan, namun dalam perjalanan waktu komitmennya mulai kendor dan dilupakan, padahal komitmen juga merupakan sebuah janji.

Ingatlah, janji yang tidak ditepati, membuat kepercayaan orang terhadap kita menjadi hilang, apalagi kalau nama Tuhan juga dipakai untuk memperkuat janji tersebut dan itu dipandang bersalah oleh Tuhan sendiri.

Baca juga  Memberi Sedekah

Tuhan Yesus memberkati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here