JADILAH DOMBA ALLAH

0
177

 

Oleh: Pdt. Lundu H. M. Simanjuntak

 

Yohanes 10:16

Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

Yesus Kristus adalah Gembala yang baik, karena Ia tidak hanya menuntun kawanan domba ke padang yang berumbut hijau, tetapi Ia juga rela berkorban untuk menyelamatkan domba-dombaNya. Jika dikatakan ada domba yang bukan dari kandang, itu mau mengatakan orang-orang yang mengikut Yesus dari golongan non Yahudi.

Domba-domba yang dari 2 golongan tersebut sama-sama dituntun ke jalan yang baik, sama-sama harus mendengarkan suara Gembala, sama-sama memiliki satu Gembala yang sama. Walau terdiri dari 2 golongan, namun Sang Gembala berniat untuk membuat mereka satu kawanan.

Tentang golongan Yahudi dan non Yahudi ini, Paulus juga pernah bersaksi dan mengajarkan: Karena itu ingatlah, bahwa dahulu kamu sebagai orang-orang bukan Yahudi menurut daging, bahwa waktu itu kamu tanpa Kristus, tidak termasuk kewargaan Israel dan tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Allah di dalam dunia. Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu jauh, sudah menjadi dekat oleh darah Kristus.

Yesus juga memerintahkan  murid-muridNya untuk pergi ke seluruh dunia dan menjadikan semua bangsa muridNya. Saat in yang menjadi murid Yesus ada di penjuru dunia, sehingga bukan lagi hanya Yahudi tetapi juga non Yahudi.

Domba-domba Yesus saat ini disebut jemaat dan mereka semua dikumpulkan dalam Gereja. Allah melalui Kuasa Roh Kudus memanggil domba-dombaNya untuk menghimpun mereka, dan menyatukan mereka dalam sebuah persekutuan yang penuh iman serta mengarahkan pandangan mereka hanya kepada Yesus.

Baca juga  MEWUJUDKAN HIDUP BERHIKMAT

Yesus yang adalah pencipta keselamatan serta dasar kesatuan dan perdamaian telah menjadi Gembala atas kawanan domba dan menuntun dombaNya ke jalan keselamatan . Saat ini kawanan domba itu disatukan oleh Kuasa Roh Kudus menjadi Gereja, yang tersebar di seluruh dunia.

Mengapa kawanan domba itu harus dituntun oleh Gembala? Karena pada dasarnya domba yang adalah umat Allah itu memiliki kelemahan dan tidak sempurna, sehingga mudah  menyimpang dari kesetiaan mengikut Gembala. Kelemahan daging, membuat manusia sering terjatuh, sehingga harus dituntun agar arah hidupnya tidak menyimpang.

Untuk itulah Yesus bertindak sebagai Gembala yang baik yang selalu siap menuntun umatNya, agar tidak ada yang menyimpang, melainkan mereka tetap menjadi satu di dalam tuntunan si Gembala. Untuk itu Yesus menginginkan agar  orang percaya mau bersekutu dan menjadi satu kawanan yang selalu siap untuk mendengar suara Sang Gembala.

Apakah saudara termasuk dari kawanan domba yang selalu dengar-dengaran akan suara Sang Gembala yang adalah Yesus? Jika tidak, berarti saudara bukan domba, melainkan kambing, karena kambing cenderung tidak peduli dengan suara gembalanya, amen.

SELAMAT PAGI

DAN

SELAMAT BERAKTIFITAS

(Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak-Jkt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here