Berpegang pada Didikan Tuhan

0
413

Oleh: DR. DR. STEFANUS WIJI SURATNO SE MM PHD. 

Amsal 4:13-18 (TB)  Berpeganglah pada didikan, janganlah melepaskannya, peliharalah dia, karena dialah hidupmu.

Janganlah menempuh jalan orang fasik, dan janganlah mengikuti jalan orang jahat.

Jauhilah jalan itu, janganlah melaluinya, menyimpanglah dari padanya dan jalanlah terus.

Karena mereka tidak dapat tidur, bila tidak berbuat jahat; kantuk mereka lenyap, bila mereka tidak membuat orang tersandung;

karena mereka makan roti kefasikan, dan minum anggur kelaliman.

Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari.

Kejahatan makin hari makin  bertambah bukan hanya dalam kuantitas saja tetapi juga kualitas dan modus operasionalnya. Yang terkena jerat dari perangkat hukum bukan hanya satu pemeluk satu agama saja tetapi berbagai agama dan kepercayaan. Dari kepolisian, kejaksaan maupun KPK telah menangkap dan memenjarakan beberapa orang dari pegawai negeri sipil dan swasta, aparat penegak hukum, artis, pemimpin swasta maupun BUMN bahkan ada hamba Tuhan pula yang pernah kena operasi tangkap tangan. Mengapa hal ini bisa melanda umat Kristen maupun hamba Tuhan juga? Amsal mengatakan karena mereka melupakan dengan perintah Tuhan dan tidak tegas dalam menolak pekerjaan yang mengandung unsur kejahatan. Karena tidak berpegang pada perintah Tuhan dan mengikuti jalan orang jahat akhirnya jatuh didalam pelanggaran hukum. Amsal 22 : 8-9 orang yang menabur kecurangan akan menuai bencana dan orang yg baik hati akan diberkati. Jadi intinya orang yang berbuat baik senantiasa akan diberkati dan sebaliknya orang yg berbuat kejahatan maka akan mendapat balasan yg setimpal.

Maka sebagai umat Kristen harus selalu waspada dan berjaga jaga agar kita jangan terkena polusi kejahatan dari lingkungan kita. Banyak beribadah agar lingkungan kita adalah lingkungan orang yang takut akan Tuhan karena lingkungan yg buruk dapat merusak kebiasaan yang sudah baik.

Semoga di akhir jaman ini kita harus bijak dalam menghadapi segala ujian dan cobaan dari si Iblis tetapi dengan Kuasa Firman Tuhan dan kuasa Roh Kudus akan menjaga hidup kita untuk tetap didalam FirmanNya. ( Yohanes 15 : 5-6 ). Tetaplah tinggal dalam Tuhan agar hati dan rohani kita tetap mengalir aliran2 air kehidupan sehingga kita bisa mengalahkan panah si jahat. I Petrus 5 : 8-9 Lawan Iblis dengan iman yang teguh maka Kuasa Allah yg akan bertindak.

Kesimpulan dan Doa :

Tetap taat pada perintah Allah akan dijauhkan dari segala kejahatan dan minta Allah mengirimkan Roh Penolong untuk memberi pertolongan dan kuasa si jahat.

Salam kasih

DR. DR. STEFANUS WIJI SURATNO SE MM PHD.

DOSEN PROGRAM DOKTOR THEOLOGY DAN MINISTRY HARVEST INTERNATIONAL THELOGICAL SEMINARY.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here