MULAI MENABUR KEBAIKAN

0
2359

 

 

 

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

Kejadian 24:18-27

 

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

1 Yohanes 2

 

*AYAT HAFALAN*

Galatia 6:9, Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

 

*RENUNGAN INSPIRASI*

Ada satu kebiasaan unik dari warga Napoli, Italia yang diberi nama caffe sospeso. Ini adalah suatu kebiasaan dimana seseorang masuk ke sebuah kedai kopi dan menikmati segelas kopi lalu pergi dengan membayar dua gelas kopi bahkan terkadang lebih. Kelebihan pembayaran yang tidak dikonsumsi biasanya akan dititipkan ke pegawai kedai kopi untuk diberikan secara cuma-cuma kepada orang asing yang membutuhkan segelas kopi untuk menghangatkan tubuh mereka. Gerakan caffe sospeso ini telah menyebar ke negara-negara tetangga, bahkan sampai ke benua lain. Saat ini, gerakan caffe sospeso atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut suspended coffee (kopi yang ditangguhkan) telah menginspirasi banyak kedai kopi dari berbagai negara untuk ambil bagian dalam gerakan berbagi kebaikan melalui secangkir kopi ini.

 

Berbuat baik bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Alkitab mencatat dalam Kejadian 24, kebaikan yang Ribka lakukan juga sederhana, yaitu memberi minum kepada orang asing yang membutuhkan. Namun Ribka tidak berhenti sampai di situ saja, dia juga bahkan memberikan minum unta-unta yang dibawa oleh orang itu sampai puas. Sebuah kebaikan sederhana yang akhirnya membuat Ribka terpilih menjadi istri bagi Ishak, dan dari keturunannya lahirlah suatu bangsa yang besar. Kita tidak pernah tahu kemana kebaikan yang kita tabur iru akan bermuara. Namun Tuhan memerintahkan kita untuk tidak jemu-jemu berbuat kebaikan (lihat Galatia 6:9-10).

 

*Lakukan kebaikan kepada sesama untuk menyenangkan hati Tuhan. Taburlah kebaikan kapan pun dan dimana pun Anda berada, karena benih kebaikan yang Anda tabur itu pasti akan bertumbuh dan menghasilkan buah yang berlipat kali ganda.* (EV)

 

*REFLEKSI DIRI*

1. Kapan terakhir kali Anda melakukan kebaikan bagi orang lain?

2. Kebaikan sederhana apa yang Anda bisa lakukan secara konsisten dalam hidup Anda?

 

*POKOK DOA*

Bapa di sorga, ajar aku, ya Tuhan, untuk terus melakukan kebaikan kapan pun dan dimana pun aku berada. Biar lewat kebaikan yang kutabur, banyak orang yang dapat diberkati dan pada akhirnya dapat mengenal Engkau. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

 

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Jangan pernah bosan menabur benih kebaikan. Satu benih kebaikan yang kecil dan sederhana bisa sangat berarti bagi orang lain.*

 

*HIKMAT HARI INI*

*Perbuatan baik adalah sebuah hadiah yang bisa diberikan oleh semua orang kepada orang lain”

 

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here